Pakan Alternatif Ikan Lele untuk Menghemat Biaya Pakan

Pertanianku — Peternak lele biasanya akan menggunakan pakan alternatif ikan lele untuk mengefisiensikan biaya pakan. Pasalnya, pakan merupakan kebutuhan utama yang harus disediakan setiap hari. Kelebihan pakan alternatif ikan lele adalah murah dan mengandung protein yang cukup untuk ikan lele. Berikut ini pakan alternatif yang bisa digunakan oleh peternak ikan lele.

pakan alternatif ikan lele
foto: Pertanianku

Ikan rucah

Ikan rucah merupakan ikan yang didapatkan dari hasil melaut dan tidak bisa dikonsumsi oleh manusia. Ikan ini sangat mudah ditemui di daerah pantai, terutama di daerah pelelangan ikan. Harganya relatif terjangkau karena penggunaannya memang hanya untuk pakan. Ikan rucah yang tidak mengandung banyak duri dapat diberikan langsung ke dalam kolam ikan lele tanpa diolah terlebih dahulu.

Namun, ikan rucah yang mengandung banyak duri atau tulang harus direbus terlebih dahulu untuk memisahkan tulang dari daging. Selanjutnya, tambahkan dedak halus untuk melengkapi gizinya.

Bekicot dan keong mas

Bekicot atau keong mas sangat mudah dijumpai di daerah yang lembap seperti tanah pertanian atau saluran irigasi. Keong mas merupakan hama bagi petani padi karena bisa menghabiskan padi yang baru ditanam di lahan. Kedua hewan ini harus diolah terlebih dahulu sebelum diberikan ke ikan.

Bekicot dan keong mas harus direbus terlebih dahulu selama beberapa menit, lalu pisahkan daging dari cangkangnya. Setelah terpisah, daging bekicot atau keong mas bisa langsung diberikan pada ikan lele.

Limbah pemindangan ikan

Proses pemindangan ikan akan menghasilkan sampingan berupa isi perut atau bagian-bagian ikan seperti kepala, ekor, dan sirip. Hasil sampingan atau limbah tersebut jangan langsung dibuang. Anda bisa menggunakan limbah tersebut sebagai pakan alternatif. Limbah bisa diberikan secara langsung atau dicampur dengan dedak halus dan direbus hingga setengah masak. Setelah diolah, pakan didiamkan hingga dingin dan baru bisa diberikan pada ikan.

Baca Juga:  Mengenal Hiu Kalabia yang Senang Berjalan Menyusuri Gelapnya Lautan

Belatung

Belatung bisa menjadi pakan alternatif untuk ikan lele karena ukurannya yang sesuai dengan ukuran bukaan mulut ikan. Pakan belatung bisa diberikan pada ikan yang sudah berumur lebih dari satu bulan.