Pakan Alternatif untuk Mendongkrak Produksi Susu Kambing


Pertanianku — Apakah Anda peternak kambing perah? Bagaimana dengan produksi susunya? Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis pakan alternatif yang bisa Anda berikan untuk mendongkrak produksi susu kambing.

mendongkrak produksi susu kambing
Foto: Shutterstock

Beberapa peternak kambing perah memanfaatkan berbagai potensi bahan pakan yang tersedia di daerahnya. Berikut ini beberapa pakan alternatif untuk membantu meningkatkan produksi susu kambing perah ternak Anda.

  1. Daun orok-orok

Daun orok-orok (Clotalaria usaramoensis) mampu mendongkrak prosuksi susu kambing hingga 3,4 liter susu per hari. Orok-orok dapat meningkatkan prosuksi susu kambing karena berprotein tinggi, yakni mencapai 25%. Bahkan, daun geger sore (salah satu jenis daun orok-orok) kandungan proteinnya mencapai 27%.

  1. Limbah kulit singkong dan ampas tapioka

Kedua jenis limbah ini bisa Anda peroleh dari pabrik tapioka dengan harga murah. Kulit singkong dan ampas tapioka mengandung protein tinggi sehingga dapat meningkatkan produksi susu menjadi 1,5—1,7 liter per hari. Selain itu, rasa susu juga jadi lebih gurih.

  1. Daun pepaya

Jenis pakan alternatif lainnya untuk meningkatkan produksi susu kambing, yakni daun pepaya. Agar tahan lama, daun pepaya diolah dan dibentuk seperti biskuit. Biskuit berbahan daun pepaya dapat diberikan pada pagi dan sore hari sebanyak 2—3 buah yang dicampurkan dengan konsentrat. Biskuit daun pepaya itu dapat meningkatkan produksi susu hingga 40%.

  1. Daun katuk

Daun katuk dicampur dengan tetes tebu dan dibentuk menjadi wafer. Pakan ini mampu membantu meningkatkan produksi susu. Wafer ini diberikan setelah makan sore karena pada malam hari kambing kerap mencari makan Selain itu, rasa dan aroma susu yang dihasilkan lebih gurih serta bebas dari bau prengus khas kambing.

  1. Buah papaya muda dan umbi singkong
Baca Juga:  Penyebab Menurunnya Produksi Telur Puyuh

Cacahan buah pepaya muda dan umbi singkong sangat baik untuk meningkatkan produksi susu. Apabila lahan di sekitar kandang kambing masih bisa dimanfaatkan untuk menanam pepaya dan singkong, segera tanam pepaya dan singkong sehingga biasa menekan biaya pembelian pakan.