Pakan Alternatif untuk Sapi agar Cepat Gemuk


Pertanianku Pakan alternatif untuk sapi bisa jadi solusi untuk mengatasi keterbatasan bahan pakan. Hal ini juga merupakan upaya pemanfaatan bahan-bahan sisa pertanian ataupun perkebunan. Keuntungan lainnya dari membuat pakan alternatif sendiri untuk ternak sapi adalah Anda dapat memperhatikan tingkat kebersihan juga kesehatan ternak dan lebih ekonomis.

Pakan alternatif untuk sapi
Foto: Google Image

Saat ini, peternak semakin kesulitan mencari pakan untuk ternaknya terutama pakan hijauan. Hal ini dikarenakan semakin sempitnya lahan hijauan. Maka, peternak diharuskan untuk lebih kreatif dalam membuat dan menciptakan pakan alternatif tanpa meninggalkan dan mengurangi nutrisi yang terdapat dalam pakan.

Untuk beternak sapi, para peternak harus memperhatikan beberapa faktor seperti perkandangan, cara perawatan, bagaimana pencegahan penyakit, dan manajemen pakan yang baik. Dalam manajemen pakan, Anda harus memperhatikan tingkat kandungan nutrisi yang baik seperti konsentrat.

Beberapa macam konsentrat yang diperlukan di antaranya bungkil kelapa, dedak, tepung tulang, mineral, dan garam. Bahan-bahan tersebut mengalami peningkatan harga setiap tahunnya, yang tentunya akan memberatkan para peternak, walaupun di Indonesia sendiri perubahan harga pakan masih bisa dibilang stabil.

Untuk itu, para peternak harus bisa mencari berbagai peluang, mengganti konsentrat dengan pakan alternatif yang berasal dari bahan batang rumbia atau sering dikenal dengan sagu rumbia. Batang rumbia mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi dan harganya pun lebih murah daripada campuran bahan konsentrat.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada batang rumbia dinilai jauh lebih baik daripada kandungan dedak ataupun bekatul. Akan tetapi, hal ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Padahal, pemberian pakan dari batang rumbia ini tidak kalah baiknya dengan pemberian pakan dari bahan konsentrat.

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengolah batang rumbia yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti bahan konsentrat untuk sapi.

  • Manfaatkan batang dari jenis tanaman rumbia yang ada di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal untuk dijadikan bahan olahan pakan alternatif ternak.
  • Apabila sudah Anda dapatkan, kulit batang tersebut dikupas.
  • Setelah dikupas, potong-potong batang rumbia menjadi beberapa bagian kecil. Kurang lebih ½ cm atau bisa dibuat ukuran lebih kecil lagi.
  • Setelah batang dipotong menjadi ukuran kecil-kecil, rendam dalam air kurang lebih selama 1 hari.
  • Setelah 1 hari, hasil rendaman dari batang rumbia bisa diberikan kepada ternak sapi.
Baca Juga:  Bioaktif Lidah Buaya Bisa Jadi Alternatif Antibiotik Ayam Petelur
loading...
loading...