Pakan Belut Alami yang Mudah Didapatkan


Pertanianku Pakan belut sebenarnya tidaklah sulit untuk dicari, terutama bagi Anda yang membudidayakan salah satu hewan yang hidup di lumpur ini. Ya, pakan belut dapat dihasilkan dari beberapa hewan alami di sekitar kita.

pakan belut
Foto: Google Image

Walaupun berupa pakan alami yang tidak biasa dipakai untuk usaha budidaya ikan, pakan alami untuk belut ini memiliki beberapa gizi penting yang dibutuhkan belut. Tentunya, pakan alami ini tetap dapat dipakai untuk membesarkan belut secara efektif.

Belut merupakan salah satu hewan air yang hidup di lumpur dengan makanan alami berupa hewan-hewan kecil yang hidup di perairan tersebut. Meskipun begitu, sebagai pembudidaya Anda tidak perlu repot untuk mencari hewan kecil tersebut untuk pakan belut.

Pasalnya, belut juga mau memakan beberapa hewan kecil yang tidak harus dicari di perairan berlumpur seperti berikut ini.

  1. Cacing tanah

Cacing tanah bisa Anda peroleh dengan mudah. Selain mudah didapatkan, pakan alami berupa cacing tanah ini juga kaya protein. Oleh karena itu, cacing tanah dapat dikatakan sebagai pakan belut terbaik yang berasal dari alam.

  1. Cacing sutera

Siapa yang tidak kenal dengan cacing sutera? Tentu hampir semua orang tahu jenis cacing yang satu ini. Cacing sutera juga baik untuk diberikan pada belut yang Anda budidayakan sebagai pakan. Cacing sutera memiliki kandungan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan belut.

  1. Keong sawah atau keong mas

Keong sawah atau keong mas juga baik untuk dijadikan sebagai makanan belut yang dibudidayakan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mencari keong mas ini di sawah, sungai, atau rawa-rawa.

  1. Bekicot

Gizi yang ada pada bekicot sangat baik untuk pertumbuhan belut yang dipelihara. Bekicot bisa dengan mudah Anda dapatkan di sekitar lingkungan Anda. Hewan ini sejenis siput, tetapi hidup di darat. Karena hidup di darat, orang tidak perlu basah-basahan untuk mendapatkan pakan belut alami yang satu ini.

  1. Pasta (pakan buatan)
Baca Juga:  Cara Beternak Sapi Limosin, Si Bongsor Terbesar di Dunia

Selain menggunakan beberapa makanan belut yang berasal dari alam, Anda juga dapat meramu pakan buatan untuk belut yang disebut dengan pasta. Pasta ini diyakini dapat mempercepat pertumbuhan belut yang dibudidayakan. Pasta terbuat dari campuran beberapa bahan seperti daging, pelet ikan, dan tepung tapioka yang diaduk dengan air secukupnya.