Pakan Berkualitas untuk Ikan Hias

Pertanianku — Memilih pakan ikan hias merupakan hal yang sangat penting. Pakan bisa memengaruhi tidak hanya kesehatannya, tapi juga keindahan sisik ikan. Oleh karena itu, Anda memerlukan pakan berkualitas untuk ikan hias, seperti spirulina dan cacing sutera.

 

pakan ikan hias
Foto: pixabay

Spirulina merupakan mikroalga yang digunakan sebagai pakan alami bagi benih ikan. Alga jenis ini memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kandungan protein pada spirulina bisa mencapai hingga 70 persen dari berat keringnya. Oleh sebab itu, spirulina juga bisa digunakan sebagai alternatif makanan kesehatan.

Loading...

Di dunia perikanan, terutama ikan hias, mikroalga ini sudah banyak dijual dalam bentuk tepung dan produk-produk makanan olahan. Tepung seperti ini sudah diproduksi secara komersial di California, Israel, Jepang, Taiwan, dan Mexico.

Spirulina merupakan ganggang hijau biru yang memiliki kandungan gizi bermanfaat bagi ikan hias. Salah satu ikan hias yang sangat baik mengonsumsi spirulina adalah ikan koi. Kandungan gizinya bisa membuat sisik koi menjadi lebih cemerlang.

Pakan ikan koi sering kali ditambah spirulina. Pakan ikan untuk ikan koi yang kaya warna seringkali diberi label ‘spirulina added’.

Cacing sutera merupakan kelompok cacing-cacingan yang banyak hidup di saluran air yang mengandung bahan organik. Hidup cacing sutera berkoloni dan berbentuk seperti rambut. Oleh karena itu, cacing ini juga disebut sebagai cacing rambut.

Ukuran cacing sutera cukup kecil, yaitu seperti rambut dengan panjang sekitar 1—3 cm dan beruas-ruas. Cacing sutera yang memiliki nama ilmiah Tubifex sp. sangat dibutuhkan oleh ikan.

Pakan cacing sutera terutama diberikan pada fase larva karena kandungan nutrisinya sesuai. Cacing sutera mengandung nutrisi berupa protein sebanyak 57 persen. Selain itu, kandungan lemaknya juga bisa mencapai 13 persen.

Baca Juga:  Manfaat Kelabang untuk Pakan Arwana

Budidaya cacing sutera sangat bermanfaat untuk ikan hias. Caranya juga mudah dan gampang, serta tidak repot dalam pemeliharaan. Pakan cacing sutera pun relatif murah. Jika Anda memiliki banyak ikan hias, melakukan budidaya cacing sutera bisa menjadi alternatif pakan yang murah dan mudah.

Konsumsi pakan ikan hias yang dicampur dengan cacing sutera bisa meningkatkan warna ikan hias.

Loading...
Loading...