Pakan Burung Ocehan yang Dapat Membuat Rajin Berkicau

Pertanianku — Burung ocehan bisa dikatakan sebagai hewan omnivora karena dapat memakan segala jenis pakan yang diberikan. Pakan seperti kroto serta buah dan sayur-sayuran sebaiknya diberikan dalam keadaan segar agar kandungan gizinya tetap murni. Di antara jenis pakan burung ocehan yang bisa Anda berikan, ada beberapa pakan yang dapat membuat burung rajin berkicau.

pakan burung ocehan
foto: pertanianku

Pakan yang dapat membuat burung berkicau mampu meningkatkan stamina dan menjaga kondisi burung tetap stabil. Dengan begitu, suara kicauan yang dihasilkan lebih baik dan rajin berkicau. Berikut ini pakan burung ocehan yang dimaksud.

Jangkrik, cacing, ulat daun pisang, ulat daun kecil, orong-orong, dan belalang

Pakan-pakan tersebut merupakan hasil inovasi hobiis burung dalam mencari alternatif pakan yang mampu memacu suara. Awalnya, pakan ulat hongkong, ulat gambu, dan jangkrik merupakan pakan tambahan untuk memacu kicauan burung. Namun, saat ini hobiis lebih memilih jangkrik, cacing, ulat daun pisang, ulat daun kecil, orong-orong, dan belalang sebagai pakan tambahan.

Semua jenis pakan hidup dan segar mengandung protein hewani yang cukup tinggi. Kandungan protein dapat memacu stamina sehingga burung jadi rajin berkicau dan suara yang dihasilkan lebih baik.

Daging kambing, belut, dan ikan mas

Anda juga bisa menggunakan daging kambing untuk menaikkan kualitas kicauan yang dihasilkan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan daging belut dan ikan mas yang masih segar.

Kandungan lemak di dalam belut terbilang tinggi dan mengandung kalori yang cukup besar. Sementara itu, kandungan lemak di dalam ikan mas terbilang rendah, tetapi kandungan kalorinya lebih tinggi dibanding belut. Belut dan ikan mas dapat digabungkan menjadi pakan alternatif pengganti kroto dan cacing.

Baca Juga:  Langkah-langkah Merawat Kelinci yang Sedang Sakit

Cacing merupakan pakan segar dengan kadar protein yang cukup tinggi, sekitar 61 persen dan mengandung asam amino yang cukup lengkap. Cacing sangat baik untuk semua jenis burung yang ingin memangsanya.

Bekicot

Pakan alternatif lainnya yang dapat membuat burung rajin berkicau adalah bekicot rebus. Di dalam bekicot rebus terdapat asam amino yang lengkap dan dagingnya bersifat padat. Daging bekicot juga mampu mendongkrak stamina, performa, dan suara kicauan. Daging bekicot perlu dipotong kecil-kecil terlebih dahulu sebelum diberikan kepada burung.