Pakan Formula Penting untuk Perkembangan pada Budidaya Ikan Bandeng

0

Pertanianku – Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi produksi ikan bandeng adalah pemberian pakan formulasi dengan kandungan protein sekitar 25%. Hal ini bertujuan mempercepat pertumbuhan ikan. Pakan buatan memang dapat mempercepat pertumbuhan. Namun, harga pakan yang relatif tinggi mengurangi keuntungan petambak.

Penggunaan pakan formulasi rendah protein ditambahkan katalisator enzimatik merupakan salah satu terobosan teknologi di bidang nutrisi. Enzim tersebut akan membantu mengubah karbohidrat menjadi sumber energi perbanyakan sel tubuh ikan sehingga pertumbuhan ikan tetap akan cepat.

Penelitian budidaya ikan bandeng dengan menggunakan pakan formula ditambahkan katalisator enzimatik dilakukan di tambak tanah dengan luas 1,1—1,3 ha dengan jumlah padat tebar 6.000—8.000 ekor gelondongan/1,1 ha untuk teknologi semi-intensif.

Pakan formula ditambahkan katalisator enzimatik dengan dosis 0,025% dan diberikan 1 kali sehari antara jam 12.00—13.00 pada satu titik sudut tambak. Bagian sudut tambak dilapisi plastik untuk menghindari pakan masuk ke dalam celah pematang.

Penggantian air dilakukan setiap periode pasang dengan menggunakan pintu air. Kincir air 3 unit 1.0 HP pada tambak semi-intensif dihidupkan setiap hari antara pukul 23.00—06.00.

Hasil panen tambak semi-intensif selama 75 hari pemeliharaan diperoleh hasil 6.000 kg/1,1 ha dengan ukuran ikan 3—4 ekor/kg, dan food convertion ratio (FCR) 1:2.

loading...
loading...