Pakan Hijauan yang Bagus untuk Kambing

Pertanianku — Pakan hijauan sudah menjadi kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi oleh peternak. Ada banyak jenis pakan hijauan yang tersedia di alam. Peternak sebaiknya memilih jenis pakan hijauan kambing yang lebih mudah terjangkau dari segi persediaan serta harga agar biaya operasional pakan tidak terlalu besar. Berikut ini beberapa jenis hijauan yang sangat bagus digunakan sebagai pakan kambing.

pakan hijauan kambing
foto: Pertanianku

Daun singkong

Singkong sangat mudah ditumbuhkan sehingga dapat menjadi alternatif pakan. Daun singkong mengandung protein yang cukup tinggi, sekitar 16,7—39,9 persen dari bahan kering dan hampir 85 persen protein yang terkandung merupakan protein murni. Pada bagian kulit dan onggok mengandung pati yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan sebagai sumber energi bagi ternak.

Daun singkong juga mampu berperan sebagai obat anticacing. Hal ini karena di dalamnya terkandung tannin yang dapat meningkatkan daya tahan saluran pencernaan ternak terhadap mikroorganisme parasit, seperti cacing.

Akan tetapi, singkong mengandung sianida yang cukup berbahaya. Oleh karena itu, daun singkong perlu dijemur selama satu malam terlebih dahulu sebelum diolah menjadi pakan.

Gamal

Di dalam gamal terkandung protein 23 persen, kalsium 1,2 persen, dan serat sekitar 45 persen. Namun, sayangnya, kambing kurang menyukai daun gamal karena baunya yang menyengat. Untuk menghilangkan bau tersebut, Anda harus menjemur daun gamal terlebih dahulu dan diberikan ketika kambing sudah merasa lapar.

Daun turi

Daun turi mengandung protein kasar 27,3 persen, energi kasar 4, 825 kkal/kg, SDN 24,4 persen, lignin 2,7 persen, abu 7,5 persen, Ca 1,5 persen, dan P sekitar 0,4 persen. Keunggulan daun turi terletak pada daya tahannya yang cukup lama sehingga bisa disimpan untuk musim kemarau, ketika pakan hijauan sulit didapatkan.

Baca Juga:  Cara Mengawetkan Pakan Hijauan Ternak agar Tahan Hingga Musim Kemarau

Kaliandra

Seluruh bagian dari kaliandra dapat digunakan sebagai pakan kambing. Di dalam daun, bunga, dan tangkai tanaman mengandung protein cukup tinggi mencapai 20—25 persen. Daun kaliandra sangat memengaruhi hasil dan performa produksi kambing.

Rumput taiwan

Ukuran rumput taiwan cukup besar, yakni sekitar 4—5 m. Rumput taiwan mengandung nutrisi yang cukup baik untuk kambing.


loading...