Pakan Ikan Koi Harus Memenuhi Syarat Ini

Pertanianku Pakan ikan koi sangat memengaruhi kualitas hidup dan warna sisik ikan tersebut. Pakan yang baik akan menghasilkan ikan dengan kualitas unggul, begitu pula sebaliknya. Ikan koi sebenarnya merupakan karnivora. Ia bisa memakan pakan hewani ataupun nabati.

Pakan ikan koi
Foto: pixabay

Pemberian pakan pada ikan koi sebaiknya dilakukan dua hingga lima kali dalam sehari. Ikan yang diberi pakan hingga lima kali sehari akan lebih cepat berkembang daripada diberi dua hingga tiga kali sehari.

Tips memberi pakan pada ikan koi adalah memberi pakan dalam jumlah sedikit namun sering. Karena koi tidak memiliki perut, pakan tersebut langsung dicerna dan berubah menjadi kotoran. Akibatnya, kolam pun harus lebih sering dibersihkan.

Loading...

Syarat pakan ikan koi harus memenuhi beberapa hal berikut ini.

Bebas zat berbahaya

Pakan koi yang cepat basi berarti memiliki kandungan pengawet yang lebih rendah. Umumnya, pakan koi dibungkus plastik yang kedap udara. Tujuannya, agar terbebas dari bakteri pembusuk.

Bila dicermati, sering kali pakan ikan tersebut memiliki lapisan yang menyerupai lilin. Itulah pakan yang mengandung pengawet dengan kadar tinggi.

Selain pengawet, pakan ikan juga rawan diberi tambahan pewarna tambahan. Pewarna ini berbahaya bagi kesehatan ikan koi. Terlalu banyak ikan koi mengonsumsi pewarna betakarotin dan axasantin bisa menyebabkan kerusakan hati.

Tidak membuat air keruh

Pakan buatan umumnya mengandung zat pewarna. Zat ini bisa mengakibatkan air kolam menjadi lebih cepat keruh. Sebaiknya, hindari pakan buatan yang mengandung bahan pewarna buatan. Atau, bisa juga Anda berikan makanan organik tanpa pewarna tambahan.

Syarat kandungan gizi

Pakain ikan koi haruslah mengandung gizi yang cukup. Kandungan nutrisi ini bisa dipenuhi dengan pemberian pakan dari sumber yang beragam. Pakan buatan berkualitas biasanya akan mengembang dan segera pecah bila terkena air.

Baca Juga:  Sistem Filter yang Bisa untuk Akuarium Arwana

Pakan alami bisa memenuhi kebutuhan gizi ikan koi. Pakan alami umumnya lebih banyak mengandung serat. Serat ini sangat berguna bagi pencernaan koi.

Berbagai pakan alami yang bisa Anda berikan bagi ikan koi peliharaan antara lain selada air, jeruk, tomat, cacing, kepompong ulat sutera, lumut, dan udang. Pemberian pakan alami bisa dilakukan satu minggu sekali.

Loading...
Loading...