Pakan Ikan Organik vs Pakan Ikan Anorganik, Lebih Sehat Mana?


Pertanianku – Pakan ikan yang baik merupakan salah satu faktor pendukung pertumbuhan ikan yang Anda budidayakan. Pemberian pakan juga harus dilakukan secara teratur dengan dosis yang pas, tidak berlebihan, dan juga tidak kekurangan. Pakan yang baik juga membantu menjaga kesehatan ikan.

pakan-ikan-organik-vs-pakan-ikan-anorganik-lebih-sehat-mana

Anda juga diharapkan membeli pakan ikan yang berkualitas. Carilah toko yang menjual pakan ikan yang dirasa cukup terpercaya. Pembudidaya jangan terlena dengan pedagang yang memberikan harga pakan ikan yang sangat murah. Pakan yang berharga murah belum tentu memiliki kandungan baik untuk ikan.

Pakan ikan terbagi menjadi dua jenis, yaitu pakan organik dan anorganik. Pakan organik adalah pakan yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa ada campur tangan dari senyawa sintetis. Sementara itu, pakan anorganik adalah pakan yang dibuat dengan bahan-bahan yang melibatkan senyawa sintetis.

Kedua jenis pakan ikan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan jenis pakan anorganik atau organik bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Berikut kelebihan pakan ikan organik.

Pakan organik tidak mudah rusak

Salah satu jenis pakan ikan organik adalah organisme hidup. Jenis makanan ini bisa dibilang lebih bertahan lama. Selain itu, jenis pakan organisme hidup juga bisa berkembang apabila dirawat dengan baik. Hal itu membuat nilai tambah tersendiri sehingga dapat menghemat biaya operasional karena pakan dapat berkembangbiak.

Pakan organik tidak merusak mutu air

Salah satu kelebihan menggunakan pakan ikan organik adalah terjaganya mutu air karena pakan ikan organik dapat terurai dengan mudah. Berbeda dengan pakan ikan anorganik yang dapat mengendap jika tidak termakan sehingga membuat air menjadi keruh dan mengurangi kualitasnya.

Pakan organik mudah dicerna ikan

Baca Juga:  Kuliner Perikanan di Palembang Kian Populer

Pakan organik juga baik untuk pencernaan ikan karena mudah dicerna dibanding pakan anorganik.

Selain memiliki kelebihan, pakan ikan organik juga memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan pakan ikan anorganik. Pakan organik terbilang lebih mahal dan untuk mendapatkannya juga lumayan susah.

Solusinya adalah dengan membuat makanan organik sendiri dengan membeli bahan-bahan untuk membuatnya. Pembuatan pakan sendiri juga dapat menghemat biaya. Namun, jika tidak mau repot bisa membeli di toko pakan ikan.

Pakan organik bagus untuk meningkatkan kualitas ikan. Namun, jika yang diutamakan adalah pertumbuhan ikan, yang diprioritaskan adalah pakan anorganik. Pakan anorganik lebih mudah didapat dan tidak memakan banyak waktu dan tenaga.

Pakan anorganik juga biasanya juga sudah dicampuri dengan bahan-bahan yang memang dibutuhkan oleh ikan untuk mempercepat pertumbuhannya. Pakan anorganik harganya juga relatif lebih murah. Pakan anorganik lebih cocok dipilih bagi pembudidaya yang tidak ingin ribet karena kesibukan yang sudah terlalu banyak. Pakan anorganik yang biasa dikonsumsi oleh ikan adalah pelet atau sentrat. Pakan anorganik bisa dengan mudah didapat di toko pakan ikan.

Selain itu, kelebihan dari pakan anorganik adalah variasinya. Banyak sekali jenis pakan anorganik yang bisa disesuaikan dengan jenis ikan yang budidaya. Misalnya pakan yang terapung untuk ikan koi, pakan yang tenggelam untuk ikan lele ataupun ikan gurami. Namun, penggunaannya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan ikan.

loading...
loading...