Pakan Induk dan Menyiapkan Induk Gurami


Pertanianku – Pakan untuk induk yang akan dipijahkan lain dengan pakan pada gurami yang dibesarkan. Pakan yang diberikan untuk induk harus mempunyai kandungan gizi yang baik sehingga telur yang dihasilkan akan berkualitas baik pula. Sebagian besar jenis pakan yang diberikan berupa daun-daunan, seperti daun talas, kangkung, atau singkong. Jumlah daun-daunan yang diberikan kira-kira sebanyak 8% dari total berat badan dan pakan pelet diberikan sebanyak 1% dari berat badan.

Kiat Memilih Induk Gurami

Biasanya induk yang diberi pakan daun-daunan dengan persentase lebih banyak akan menghasilkan telur yang terurai dan tidak diselubungi selaput lemak. Dengan kondisi ini, telur akan lebih mudah dibuahi oleh sperma jantan. Sebaliknya, bila induk diberi pakan pelet dalam jumlah berlebihan, telur yang dihasilkan akan menjadi “lengket” karena diselubungi oleh selaput lemak. Telur semacam itu akan sulit terbuahi sehingga banyak telur yang mati. Untuk itu, bila induk akan diberi pakan selain daun-daunan, harus dipilih pakan dengan kandungan lemak yang rendah.

Di kolam persiapan, induk yang akan dipijahkan dikontrol secara intensif, baik pakan, air, lingkungan sekitar kolam, dan keberadaan hama pengganggu. Pada kolam persiapan inilah induk diseleksi untuk didapatkan induk benar-benar siap dipijahkan.

Pakan untuk induk berupa daun talas. Biasanya seekor induk menghabiskan sehelai daun talas/hari. Air kolam juga harus dijaga kebersihannya. Suasana di sekitar kolam diusahakan jangan terlalu ramai agar induk tidak terganggu. Kolam persiapan juga diusahakan terbebas dari hama pengganggu.

Di dalam kolam persiapan, induk yang baik dapat dilihat dari cara berenangnya. Pada gurami jantan, saat kepalanya muncul di permukaan dahinya tampak menonjol, sedangkan kepala induk betina tidak terlihat adanya tonjolan dan hampir rata dengan permukaan air. Pada saat sudah siap memijah, alat kelamin induk gurami, baik jantan maupun betina, tampak memerah. Selain itu, jika diperhatikan dengan seksama, induk betina akan tampak lebih gemuk dari induk jantan.

Baca Juga:  3 Hal yang Perlu Anda Tahu Sebelum Budidaya Lele Dumbo

 

Sumber: Buku Usaha Pembenihan Gurami