Pakan Kering Sebagai Solusi untuk Tingkatkan Produksi Telur Bebek

Pertanianku — Bebek selain dapat dikonsumsi dagingnya juga dapat menguntungkan melalui produksi telurnya. Akan tetapi, peternak bebek petelur sering kali mendapatkan bebek-bebeknya yang tidak bertelur secara rutin. Rupanya, pakan kering bisa menjadi solusi untuk tingkatkan produksi telur bebek.

tingkatkan produksi telur bebek
Foto: Google Image

Cara budidaya yang menyebabkan produksi telur bebek rendah adalah dalam proses pemberian pakan. Peternak memiliki standar pemberian pakan yang sudah lama digunakan. Pemberian pakan pada bebek diberikan dengan mencampurkan air pada pakan. Hal ini merupakan kebiasaan peternak yang menganggap mencampurkan air pada pakan akan membantu bebek dalam mengunyah.

Pemberian pakan yang dicampur dengan air pada kenyataannya malah membuat beberapa bebek tidak produktif. Kenapa hal ini bisa terjadi? Penyebabnya adalah karena tidak cukupnya pakan yang ia konsumsi untuk mendukung proses pembentukan telur. Bagaimana bisa pakan tidak cukup padahal sudah diberikan oleh peternak sesuai kebutuhannya? Jawabannya adalah karena hanya beberapa bebek yang mendapatkan makanan.

Karena pakan yang dicampur dengan air lebih mudah dikonsumsi, bebek-bebek yang mengonsumsinya pun dapat memakan seluruhnya tanpa memikirkan bebek lain. Bebek yang diberikan pakan basah atau yang dicampur dengan air akan makan dengan cepat dan banyak. Dengan begitu, bebek lain tidak kebagian pakan atau hanya mendapatkan sedikit sekali sisa pakan. Hal ini tentu menyebabkan bebek yang tidak mendapat cukup pakan kesulitan untuk memproduksi telur.

Oleh karena itu, dibutuhkanlah pakan kering dan air yang ditempatkan berpisah agar semua bebek dapat makan dengan nyaman dan tidak kekurangan gizi. Dengan memberikan pakan kering dan minum yang terpisah, akan dibutuhkan waktu yang lebih lama bagi bebek untuk mengonsumsinya dan pembagian pakan pun menjadi merata. Jadi, pakan kering menjadi salah satu strategi dalam cara budidaya bebek agar cepat bertelur.

Baca Juga:  Kemana Mendistribusikan Telur Puyuh yang Paling Tepat?

Selain itu, cara budidaya bebek agar cepat bertelur juga dapat diupayakan melalui temperatur kandangnya. Kandang yang nyaman tentu akan membuat bebek juga dapat dengan nyaman melakukan produksi telur. Oleh karena itu, kandang yang nyaman dapat dicapai dengan menyesuaikan temperatur pada suhu minimal 39°C dan kelembapannya sekitar 65 persen.

Cara budidaya bebek yang terus diperbaharui dan disesuaikan dengan kebutuhan akan meningkatkan produksi telur yang tentu juga akan meningkatkan keuntungan. Menilik dari nilai keuntungannya, bebek yang bertelur dengan cepat tentu lebih menguntungkan daripada bebek yang membutuhkan beberapa hari untuk menghasilkan telur.

Loading...