Pakan Pelengkap Burung


Pertanianku – Pakan pelengkap adalah pakan burung yang sifatnya sebagai pelengkap dari pakan utama. Tujuannya untuk meningkatkan palatabilitas dan efisiensi pakan burung. Contoh dari bahan pelengkap yang dapat digunakan pada pakan burung yaitu hijauan, vitamin, mineral, grit dan enzim.

s

  1. Hijauan atau Sayuran

Pakan hijauan atau sayuran yang umum diberikan pada burung dalam pemeliharaan antara lain kangkung, taoge, sawi, selada air, bayam, kubis, oyong, wortel, dan mentimun. Pakan hijauan ini berfungsi untuk meningkatkan fertilitas, sebagai pemenuhan zat besi, serta sumber vitamin A dan C.

  1. Vitamin

Vitamin berperan untuk mempertahankan kondisi tubuh terhadap perubahan cuaca agar tetap sehat, serta membantu pertumbuhan dan perkembangan reproduksi. Vitamin dibedakan menjadi dua, yaitu vitamin yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak.

  1. Mineral

Mineral berfungsi agar tulang dan bulu dapat tumbuh dengan baik, karena burung yang dipelihara dalam ruang terbatas dan kurang bergerak bebas akan sulit untuk berkembang dengan baik. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa mineral adalah garam-garaman yang hanya diperlukan dalam jumlah sedikit. Apabila pemberiannya terlalu berlebihan, akan menyebabkan burung banyak minum dan diare. Namun demikian, apabila sama sekali tidak diberikan unsur mineral dalam ransum, nafsu makan burung akan menurun, pertumbuhan bulu tidak mengilap, tulang-tulang menjadi rapuh, dan kadang muncul sifat kanibal atau mematuk-matuk bulunya sendiri. Apabila dalam satu sangkar terdiri atas beberapa flok, kekurangan mineral ini dapat menimbulkan saling patuk antarburung. Mineral yang diperlukan burung untuk mengatasi gejala di atas adalah Ca (kalsium), P (fosfor), Na (natrium), Cl (chlor), Mg (magnesium), Fe (zat besi), Co (cobalt), dan Cu (cuprum). Sumber mineral dapat dipenuhi dari tepung ikan, tepung tulang, tepung kapur dan legum.

  1. Grit

Grit merupakan suatu campuran mineral yang diperlukan bagi keberhasilan pertumbuhan burung. Grit berfungsi untuk memperkokoh tulang-tulang terutama pada bagian sayap dan kaki agar lincah dan senantiasa aktif bergerak/terbang. Grit juga diperlukan untuk burung, khususnya anggota suku Columbidae (merpati-merpatian), Estrildidae (pipit-pipitan) dan Phasianidae. Grit disimpan di dalam tembolok dan dibutuhkan untuk menghancurkan biji-bijian yang dimakannya. Selain itu, grit juga berperan membantu pertumbuhan burung muda. Bagi induk, grit diperlukan untuk menjaga agar kerabang telur tidak terlalu lunak sehingga mudah pecah. Sumber bahan bakan pelengkap grit dapat diperoleh dari kulit kerang dan kapur tiram. Kapur tiram berasal dari tulang punggung yang terdapat pada cumi-cumi.

Sumber:  Buku Formulasi Pakan Burung

loading...
loading...