Pakan Pemacu Bobot Sapi Potong

Pertanianku — Pemberian pakan hijauan saja tidak akan mampu memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penambahan bobot sapi potong dalam waktu singkat. Pertambahan bobot sapi potong dapat lebih tinggi apabila sapi diberikan ransum yang terdiri atas konsentrat dan hijauan. Selain itu, pakan yang diberikan harus dalam kondisi baik.

bobot sapi
foto: Trubus

Berikut ini jenis-jenis pakan pemacu bobot sapi potong.

Pakan berserat

Bahan pakan berserat untuk sapi potong adalah hijauan seperti rerumputan, leguminosa, dan tanaman lainnya. Limbah pertanian seperti jerami padi, daun kacang tanah, jerami jagung, dan pucuk tebu juga termasuk sumber serat yang baik untuk ternak sapi. Umumnya, pakan hijauan yang diberikan untuk ternak sapi mengandung serat kasar lebih dari 20 persen dan mengandung energi serta tingkat kecernaannya rendah.

Pakan konsentrat

Konsentrat atau pakan penguat adalah pakan yang mengandung nutrisi tinggi dengan kandungan serat kasar yang relatif lebih rendah, mudah dicerna, dan kaya nutrisi. Pemberian konsentrat termasuk wajib untuk sapi yang digemukkan secara intensif (dikandangkan). Konsentrat diberikan dalam jumlah yang cukup untuk mendapatkan tingkat pertumbuhan yang maksimal dalam waktu relatif singkat.

Bahan pembuat konsentrat terbagi menjadi dua, yaitu sumber energi dan sumber protein. Bahan pakan yang menjadi sumber energi adalah ubi jalar, ketela pohon, pati, tetes tebu, dedak padi, dan dedak jagung. Bahan-bahan tersebut mengandung serat kasar di bawah 20 persen dan energi lebih dari 2.250 kkal/kg.

Sementara itu, bahan yang menjadi sumber protein adalah ampas tahu, bungkil kedelai, ampas bir, dan daun kacang-kacangan. Bahan-bahan ini mengandung protein kasar lebih dari 20 persen.

Pakan tambahan

Sapi yang sedang digemukkan perlu diberikan pakan tambahan berupa vitamin, mineral, hormon, enzim, antibiotik, dan urea atau UMB (urea molases block). Pakan tambahan ini bermanfaat untuk menunjang kesehatan sapi ternak dan melengkapi asupan nutrisinya.

Baca Juga:  Faktor yang dapat Memengaruhi Kualitas Daging Sapi

Untuk memacu pertumbuhan dan menjaga kesehatan sapi, berikan pakan suplemen seperti mikronutrien dan vitamin B komplek. Suplemen tersebut berfungsi untuk memacu proses penyusunan protein di dalam tubuh sapi.

Bakalan sapi potong juga perlu diberikan obat cacing pada waktu yang tepat. Pasalnya, serangan cacing sangat berbahaya karena mengganggu pencernaan dan pertumbuhan sapi.