Pakan Penguat Warna Kenari


Pertanianku – Mengingat warna bulu kenari di alam bebas banyak yang polos dan sebagian kecil memiliki corak warna maka para penangkap mengubah warna bulu kenari dengan berbagai cara, seperti penyilangan dan dengan warna buatan. Meskipu mampu menghasilkan warna yang baik, tetapi warna bulu buatan akan memudar setiap kali burung tersebut berganti bulu. Untuk mengatasi atau memperlambat pemudaran warna bulu, hal tersebut dapat diupayakan dengan pemberian pakan penguat warna bulu.

Pakan Penguat Warna Kenari

Jenis pakan yang dapat menguatkan warna bulu seperti wortel, yaitu untuk mempertahankan warna bulu orange pada kenari holland. Cara pemberiannya, wortel diparut kemudian dibuat minuman sehari-hari. Warna bulu yang kuning bisadiperkuat dengan air perasan kunyit yang dicampurkan pada bijian sebelum bijian tersebut diberi  madu dan pakan tambahan lainnya. Cara lain, memberikan sesering mungkin tepung jagung dalam jumlah terbatas atau jagung muda yang masih segar.

Pada kenari yang memiliki bulu berwarna hijau atau kehijauan seperti pada kenari jenis gloster dan yorkshire, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan sebab setiap hari kenari diberi pakan dedaunan. Lebih efektif jika diberikan berupa air rebusan daun katuk untuk diminumkan setiap hari atau daun katuk dijadikan tepung.

Baca Juga:  Ada Temuan Baru! Domba Mampu mengenali Wajah Selebriti
loading...
loading...