Pakan Tambahan untuk Ikan Lele agar Cepat Besar


Pertanianku — Membuat pakan tambahan untuk ikan lele tidaklah sulit. Pembuatannya sendiri juga akan menghemat biaya dalam pemeliharaan. Semua bahan untuk pembuatan pakan ini dapat dicari di toko atau swalayan terdekat dengan mudah. Kita akan fokuskan cara membuat pakan tambahan lele buatan sendiri.

pakan tambahan untuk ikan lele
Foto: Shutterstock

Sebelum membuatnya, kita wajib mengetahui kandungan nutrisi yang sesuai untuk ikan yang dibudidayakan. Pakan yang berkualitas tentunya mempunyai nutrisi lengkap dan seimbang, diharuskan mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhannya. Terlebih jenis ikan karnivora seperti lele membutuhkan protein yang tinggi, lebih dari 35%. Semua kandungan tersebut harus terdapat pada pakan ikan yang akan kita buat.

Membuat pakan ikan tambahan ini hanya bertujuan melengkapi dari pemberian pakan utama. Takaran nutrisi pada pakan ikan tambahan tidak bisa diukur dengan tepat. Namun, kandungan pakan ikan ini masih bisa dikira-kira. Pemberian pakan ikan tambahan dalam budidaya ikan lele misalnya, bisa menekan biaya pengeluaran pakan. Dengan begitu, peternak bisa menikmati keuntungan yang lebih besar.

Berikut ini beberapa pakan tambahan ikan lele yang bisa Anda pergunakan untuk menekan biaya.

  1. Keong emas atau bekicot

Keong emas merupakan hama bagi petani padi. Kita bisa memanfaatkan keong emas yang kaya protein ini untuk pakan ikan tambahan. Keong emas terbilang mudah untuk dicari, biasanya di daerah persawahan.

Keong tidak diberikan secara langsung, rebus terlebih dahulu dalam air mendidih selama beberapa menit. Tujuannya, agar daging tidak keras, memudahkan melepas cangkang serta membunuh penyakit atau kuman. Selesai direbus, lepaskan cangkang dengan dicungkil menggunakan garpu, kemudian didinginkan dan dicincang kecil-kecil, keong siap dijadikan pakan ikan.

  1. Ikan rucah
Baca Juga:  Mudah Buat Perangkap Belut Sawah dengan Cara Ini

Untuk peternak ikan yang berlokasi dekat dengan tempat pelelangan ikan, opsi pakan tambahan ikan rucah ini bisa menjadi pilihan efektif. Ikan rucah atau ikan sisa tangkapan yang kecil-kecil dan tidak dikonsumsi manusia biasanya dijual dengan harga murah. Ikan ini bisa dimanfaatkan untuk pakan tambahan, dengan cara dicincang dan diberikan pada lele.

  1. Belatung

Belatung (magot) merupakan sumber protein yang baik untuk ikan. Belatung dihasilkan dari lalat, mempunyai kandungan protein kasar mencapai 40%. Untuk membiakkan belatung ini cukup dengan menyediakan, daun pisang, ampas tahu, sisa ikan asin bisa juga dengan menambahkan kotoran ayam.

Masukkan semua bahan ke ember, tambahkan air bersih secukupnya kemudian aduk hingga rata, tambahkan ikan asin dan kotoran ayam. Tutup permukaannya dengan daun pisang kering. Taruh ember di tempat teduh dan terlindung dari air hujan.

Setelah kurang lebih tiga minggu, belatung bisa dipanen. Tambahkan air ke dalam ember, belatung akan mengambang kemudian saring belatungnya. Jangan terlalu lama menyimpan belatung segar karena bisa berubah menjadi lalat.