Pakan Terbaik untuk Ikan Arwana


Pertanianku — Ikan arwana merupakan hewan peliharaan kelas atas atau ikan yang memiliki harga mahal. Ikan ini memiki banyak jenis dan semua jenis ikan arwana terlihat sangat indah. Namun, keindahan ikan arwana bisa saja pudar jika kita salah memberikan makanan. Oleh karena itu, kita perlu selektif dalam memberikan pakan terbaik untuk ikan arwana peliharaan Anda.

pakan terbaik untuk ikan arwana
Foto: Google Image

Apa saja makanan yang sangat baik untuk ikan arwana? Mari lihat beberapa rekomendasi pakan yang tepat untuk ikan arwana berikut ini.

  1. Cacing darah beku

Cacing darah beku merupakan pakan yang sangat baik untuk anakan ikan arwana. Pakan ini sangat cocok untuk pertumbuhan anakan ikan arwana yang mempunyai ukuran kurang lebih 8 cm. Jika arwana sudah agak dewasa, Anda bisa menggantinya dengan pakan lain. Pakan ini juga sangat mudah didapatkan. Anda bisa mendapatkannya dari para penjual ikan hias di dekat rumah.

  1. Jangkrik

Jangkrik sangat cocok untuk pakan utama ikan arwana. Pakan ini sangat baik untuk peningkatan perubahan warna pada ikan arwana, khususnya ikan arwana jenis golden red dan super red. Ini karena jangkrik mempunyai kandungan betakaroten.

Jangkrik yang baik untuk arwana adalah jangkrik yang masih muda. Ketika Anda ingin memberikan pakan ini, jangan lupa untuk memotong kakinya terlebih dahulu. Hal ini karena kaki jangkrik dapat melukai mulut dan perut ikan arwana.

  1. Udang

Udang memiliki fungsi yang sama dengan jangkrik. Pakan ini juga sangat baik untuk meningkatkan perubahan warna pada ikan arwana. Udang bisa diberikan pada ikan arwana dalam kondisi segar ataupun beku. Biasanya, udang beku digunakan karena masalah kepraktisan. Namun, sebelum memberikan udang, sebaiknya dibuang terlebih dahulu sungutnya karena dapat melukai ikan arwana.

  1. Ikan kecil
Baca Juga:  Tips Budidaya Lobster hias di Akuarium dengan Mudah

Ikan kecil juga dapat digunakan untuk pakan selingan ikan arwana. Jangan berikan pakan ini terlalu sering, lebih baik hanya sekali seminggu. Ini karena ikan dipercaya memiliki kandungan bibit penyakit.

  1. Pakan buatan

Pakan buatan atau biasa yang lebih terkenal pelet ikan merupakan makanan yang paling praktis dan memudahkan kita mendapatkan makanan. Ini karena pakan buatan sangat mudah didapatkan. Namun, Anda juga perlu memerhatikan ikan arwana karena tidak semua ikan arwana mampu menyerap seluruh kandungan yang ada pada pelet ikan.