Pakan Ternak dari Limbah Pertanian


Pertanianku   Limbah adalah sisa atau hasil ikutan dari produk utama limbah. Limbah pertanian adalah bagian tanaman yang tersisa setelah dipanen atau diambil hasil hasil utamanya. Limbah pertanian dapat dijadikan pakan aternatif untuk ruminansia. Banyak limbah pertanian yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, di antaranya daun pepaya, daun mengkudu, daun katuk, daun jagung, jerami padi, daun kacang panjang, dan daun lamtoro. Limbah pertanian ini dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak karena mempunyai zat aktif yang dapat memacu produktivitas ternak. Misalnya, daun pepaya mengandung senyawa alkaloid carpain (Kharisma, 2011). Pemberian daun pepaya pada ternak dapat meningkatkan produksi susu kambing perah (Retnani et al., 2014).

Pakan Ternak dari Limbah Pertanian

Saat musim kemarau, biasanya terjadi penurunanenergi, mineral, maupun protein yang terkandung dalam pakan hijauan. Hal ini terjadi akibat tanaman hijauan yang selama pertumbuhannya mengalami kekurangan air. Lebih lanjut, saat musim ini sering kali terjadi kekurangan volume pemberian pakan ternak akibat kelangkaan bahan pakan berupa pakan hijauan. Pemberian pakan ternak di musim kemarau sering kali tidak memenuhi syarat pemenuhan kebutuhan. Bahkan, kualitas pakannya pun rendah. Kondisi seperti ini mengakibatkan pertumbuhan ternak menjadi terhambat. Pada ternak dewasa akan mengalami penurunan berat badan secara signifikan dan persentase karkasnya pun rendah. Selain itu, perkembangbiakan ternak juga akanmengalami penurunan secara nyata karena terjadinya penurunan mortalitas (angka kelahiran).

Untuk menyiasati hal tersebut maka diperlukan usaha pemberian suplemen pakan yang murah, mudah didapat, aman bagi kesehatan ternak, dan tersedia sepanjang musim. Dengan pemberian pakan tersebut diharapkan produksi ternak, baik daging maupun susu dapat meningkat.

 

Sumber: Buku Teknik Biskuit Pakan Ternak

Baca Juga:  Canggih, Deteksi Hama Kini Bisa Lewat Smartphone!
loading...
loading...