Pakan untuk Dongkrak Bobot Ayam Kampung

Pertanianku — Pakan menjadi kebutuhan yang paling besar dalam biaya perawatan ayam. Oleh karena itu, Anda harus bijak dan cermat dalam menggunakannya sehingga Anda tidak akan mengalami pemborosan biaya yang membuat biaya produksi membengkak. Pemberian pakan ayam kampung harus disesuaikan dengan umur perkembangan ayam. Berikut ini panduan pemberian pakan ayam kampung yang disesuaikan dengan umur perkembangan ayam.

pakan ayam kampung
foto: Pertanianku

Masa brooding

Masa brooding terjadi saat anak ayam berumur 1–14 hari. Pada masa ini pakan yang diberikan adalah paka Broiler 1 dengan kandungan protein tinggi sekitar 22 persen dan mengandung vitamin serta mineral yang lengkap.

Brooding menjadi periode yang kritis untuk anak ayam karena pertumbuhannya sangat pesat. Oleh karena itu, Anda membutuhkan pakan bernutrisi yang lengkap. Pakan bernutrisi tersebut diharapkan mampu mengimbangi laju pertumbuhan anak ayam yang cepat. Selain itu, pakan diharapkan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak ayam, menurunkan tingkat stres, dan menahan serangan penyakit.

Masa starter

Masa ini terjadi pada ayam berumur 15–30 hari. Pakan yang diberikan BR 2 dengan kandungan protein 20 persen dan vitamin serta mineral yang lengkap. Pakan berprotein tinggi masih dibutuhkan pada masa ini karena laju pertumbuhan ayam masih pesat.

Masa grower

Masa ini terjadi pada ayam yang berumur 31–60 hari. Pakan yang digunakan merupakan campuran konsentrat atau pakan ramuan sendiri. Pada masa ini pakan yang diberikan harus mengandung protein 19 persen dan energinya 2.900 kkal/kg.

Masa finisher

Masa ini terjadi pada ayam yang berumur 60 hari atau lebih. Pakan yang digunakan sudah campuran atau lebih efisien jika Anda meramu pakan sendiri dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia di sekitar peternakan. Pakan yang diberikan harus mengandung protein sebesar 17–18 persen dan energi 3.000 kkal/kg pakan.

Baca Juga:  Peranakan Ongole (PO), Sapi Unggul yang Produktif dan Mudah Beradaptasi

Cara meramu pakan bisa Anda dapatkan dalam buku Panduan Praktis Beternak Ayam Kampung Hari Perhari. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan beragam informasi penting tentang budidaya ayam kampung skala komersial. Segera dapatkan bukunya dengan menghubungi WhatsApp Admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall Penebar Swadaya.