Pakan untuk Penggemukan Kambing dan Pejantan Dewasa


Caprini, Rumpun Kambing Asli

Pertanianku – Kambing bakalan yang akan digemukkan dapat diperoleh dari anak kambing lepas sapih atau anak kambing berumur delapan bulan. Kambing jantan lebih cocok untuk penggemukan daripada bakalan kambing betina karena pertambahan berat badannya lebih tinggi.

  • Pakan untuk Penggemukan Kambing

Walau istilahnya “penggemukan”, lemak yang dihasilkan dalam karkas tidak boleh tinggi. Karkas dengan kandungan daging tinggi dan sedikit lemak merupakan produk yang diharapkan. Untuk itu, pakan yang diberikan memegang peranan penting dalam menghasilkan karkas yang bermutu baik.

Kambing yang digemukkan diberi hijauan seperti rumputrumputan (60%) dan daun kacang-kacangan (40%) sebagai pakan pokok dengan jumlah yang tidak terbatas. Konsentrat diberikan sebanyak 1 kg/ekor/hari. dengan frekuensi dua kali sehari, dengan jatah 0,5 kg/ekor pada pagi hari sekitar pukul 08.00 dan 0,5 kg/ekor pada siang hari sekitar pukul 14.00. Untuk kebutuhan air minum sebaiknya tersedia setiap saat.

Jika kambing yang digemukkan secara semiintensif atau digembalakan, sebaiknya pakan penguat diberikan sekali dalam sehari sebanyak 0,5 kg/ekor/hari. Kambing yang digemukkan secara intensif, pertumbuhan berat badan harian bisa mencapai 100—150 g/hari, sedangkan secara tradisional atau semiintensif hanya 30—50 g/hari.

  • Pakan untuk Pejantan Dewasa

Kambing jantan dewasa berfungsi sebagai pemacek. Kebutuhan pakan hijauannya adalah 10% dari bobot badannya. Pakan tersebut diberikan dua kali sehari, yaitu pada pagi hari sekitar pukul 08.00 dan siang hari sekitar pukul 14.00.

Untuk kambing jantan dewasa berbobot 50 kg, pakan hijauan yang diperlukan adalah 10/100 x 50 kg x 2 = 10 kg sehari. Pakan hijauan tersebut terdiri atas 75% rumput (7,5 kg) dan 25% legum atau daun-daunan (2,5 kg). Air minum selalu tersedia terus-menerus.

 

Sumber: Buku Beternak Kambing Unggul

Baca Juga:  Hobi Ikan Koi Bisa Datangkan Omzet Puluhan Juta
loading...
loading...