Pakan Wajib untuk Ayam yang Harus Berikan


Pertanianku — Pakan adalah faktor penting yang tidak bisa ditinggalkan dalam beternak ayam karena dapat memengaruhi tingkat produksinya. Selain itu, pakan yang bergizi atau bernutrisi tepat akan membuat ayam gemuk, sehat, dan kuat. Lantas, apa saja jenis pakan wajib untuk ayam yang harus kita berikan?

pakan wajib untuk ayam
Foto: Pixabay

Sebenarnya, ada banyak varian pakan ayam bisa Anda berikan. Anda bisa membelinya di toko atau bahkan meraciknya sendiri untuk menekan biaya produksi. Berikut ini jenis-jenis pakan ayam yang wajib Anda berikan untuk menunjang pertumbuhannya.

  1. Dedak padi

Dedak padi atau biasa disebut juga bekatul mengandung sumber energi dan asam amino tinggi. Namun sebaiknya, Anda membatasi pemberian dedak pada ayam muda, karena di dalam dedak terkandung sekitar 11—12% serat kasar yang sulit dicerna oleh ayam yang masih muda. Selain itu, dedak mengandung banyak lemak, jika disimpan terlalu lama bisa menggumpal dan berbau tengik.

  1. Jagung

Jagung juga menjadi pilihan banyak peternak ayam karena nilai gizinya cukup tinggi dan juga mengandung karbohidrat sebagai sumber energi. Ada 3 jenis jagung yang yang biasa dikenal, yaitu jagung kuning, jagung merah, dan jagung putih.

Namun, jagung kuninglah yang terbaik, meskipun harganya mahal tapi kandungan nutrisinya paling besar. Selain mengandung karbohidrat, jagung kuning juga mengandung banyak pro-vitamin A dan serat kasar yang terkandung pun rendah sehingga mudah dicerna oleh ayam.

  1. Singkong

Meskipun kandungan energi metabolisnya hampir sama dengan jagung, kandungan protein singkong rendah hanya sekitar 2—3%. Selain itu, penggunaan singkong perlu dibatasi karena singkong mengandung zat antinutrien sianogenik glukosida. Penggunaan singkong sebaiknya kurang dari 20% saja dari total ransum. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan feses basah.

  1. Bungkil kacang kedelai
Baca Juga:  Begini Cara Buat Bungkil Kedelai untuk Pakan Ternak

Bungkil kacang kedelai adalah kacang kedelai yang sudah diambil minyaknya. Sama halnya seperti dedak, bungkil kacang kedelai juga mengandung asam amino tinggi, cukup lengkap dan seimbang untuk ayam. Namun, bungkil kacang kedelai relatif mudah dicerna asalkan disangrai terlebih dahulu dengan menggunakan suhu yang sedang jangan terlalu tinggi.

  1. Bungkil kelapa

Bungkil kelapa merupakan hasil sisa dari pengolahan minyak kelapa. Biasanya daging kelapa yang dikeringkan (kopra) akan diambil minyaknya dan tersisalah bungkil kelapa. Bungkil kelapa sebaiknya jangan disimpan pada suhu yang tinggi karena bisa menjadi tengik dan bungkil kelapa yang sudah tengik jangan diberikan pada ayam karena dapat menyebabkan diare.

  1. Grit

Grit terdiri atas berbagai campuran bahan seperti batu kali kecil, mica, kapur, kulit kerang, pecahan granit, dan lain-lain. Memang tidak terdengar seperti jenis makanan, tapi tetap memiliki manfaat. Grit yang mudah dicerna berasal dari kulit kerang dan mengandung kalsium yang dapat meningkatkan kekuatan dan kualitas telur ayam.

Sementara, grit yang sulit dicerna berasal dari batu kali, granit, kerikil, dan mica. Biasanya diberikan hanya untuk membantu pencernaan.

  1. Pelet

Pelet sangat disukai ayam karena dapat meningkatkan nafsu makan. Selain itu, lebih efisien dan hemat daripada pakan jenis tepung.