Pakan yang Bagus untuk Domba Bunting

Pertanianku — Induk domba yang sedang bunting harus dirawat dengan baik agar induk bisa melahirkan anak yang sehat dan kuat. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah pakan yang diberikan untuk domba bunting. Pakan domba bunting harus bisa memenuhi kebutuhan induk dan calon anakan yang berada di dalam janin induk.

pakan domba bunting
foto: Pertanianku

Pada tiga bulan awal kebuntingan, induk masih belum membutuhkan pakan khusus. Pasalnya, perkembangan janin memang masih cukup lambat. Peternak hanya perlu memelihara kondisi induk agar tetap sehat. Kondisi berat badan induk harus dijaga agar tidak mengalami penurunan.

Pertumbuhan janin akan semakin cepat setelah kebuntingan sudah berumur 4—6 minggu sebelum melahirkan. Pada masa ini induk sudah membutuhkan pakan khusus yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup banyak. Selain itu, pada periode ini induk sudah mengalami penambahan bobot badan sebanyak 7—12 kg.

Perkembangan kebuntingan tersebut bisa berjalan sukses jika pakan diberikan secara bebas. Bahan pakan yang digunakan adalah rumput, leguminosa, dan ditambahkan dengan konsentrat. Peternak juga perlu menambahkan suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan protein dan mineral.

Induk yang berbobot 40 kg dapat diberikan pakan sebanyak 4,5—5 kg/ekor/hari dan konsentrat sebanyak 0,25—0,5 kg/ekor/hari. Peternak bisa memberikan molase sebanyak 100—200 gram/ekor/hari.

Molase digunakan sebagai pengganti pakan berbutir yang mudah dicerna oleh sistem pencernaan induk.

Komposisi makanan yang sudah disarankan tadi dapat meningkatkan produksi air susu induk, serta menghasilkan anak domba yang kuat dan sehat dengan bobot normal.

Agar mudah mengontrol pemberian pakan, peternak sebaiknya memindahkan domba yang sedang bunting ke kandang khusus. Jika induk tetap dipelihara di dalam kandang umum, dikhawatirkan malah dapat membahayakan janin dan pakan jadi sulit dikontrol. Induk sudah bisa dipindahkan ke dalam kandang khusus dua bulan sebelum melahirkan.

Baca Juga:  Sederet Keuntungan yang Didapatkan dari Ternak Domba

Selama berada di kandang khusus, fisik induk harus dilatih dengan cara melepas domba di lapangan penggembalaan setiap hari. Pelatihan fisik ini berguna untuk mencegah kemungkinan domba kegemukan. Induk yang kegemukan malah membuat proses persalinan menjadi lebih susah.


loading...