Pakan yang Bagus untuk Ikan Mas

Pertanianku — Ikan mas termasuk ikan populer dengan prospek bisnis yang sangat bagus. Selama ini banyak pembudidaya yang membudidayakan ikan mas di keramba jaring apung (KJA). Ikan mas memiliki kebiasaan makan di permukaan, di tengah perairan, dan di dasar perairan. Sifat makan ikan ini terbilang cukup agresif. Pakan ikan mas yang dipelihara secara intensif adalah pakan komersial berbentuk pelet dengan kandungan nutrisi yang lengkap.

pakan ikan mas
foto: news.kkp.go.id

Ukuran pakan pelet yang diberikan ke ikan harus disesuaikan dengan ukuran besaran bukaan mulut ikan serta umur ikan. Pasalnya, ukuran pakan yang tidak sesuai akan menyulitkan ikan sehingga ikan tidak memakan pelet dengan sempurna.

Larva ikan mas yang masih berumur 2—3 hari masih memiliki cadangan makanan berupa kuning telur atau yolk sack. Setelah kuning telur tersebut habis, larva akan mencari pakan alami seperti artemia, rotifer, dan cacing sutera.

Setelah memasuki tahap pendederan, benih ikan mas diberikan pakan berupa pelet yang berbentuk tepung dengan kandungan protein sebanyak 25 persen. Selama masa pemeliharaan, ikan mas harus diberikan pelet dengan kandungan protein tidak kurang dari 28—32 persen.

Biasanya, pada awal pemeliharaan di tahap pendederan, benih belum bisa diberikan pakan karena masih beradaptasi dengan lingkungannya sehingga kurang merespons jika diberikan pakan. Seandainya diberi pakan, pakan yang dimakan adalah pakan berbentuk tepung seperti dedak halus atau pelet tepung.

Seiring bertambahnya umur ikan mas, jenis pakan pelet yang diberikan bisa diganti menjadi pelet berukuran kecil.

Sesuai dengan sifatnya, ikan mas dapat diberikan pakan pelet terapung dan pelet tenggelam. Namun, penggunaan pelet terapung dapat memberikan hasil pertumbuhan yang lebih baik.

Pilihlah pelet yang baru diproduksi atau masa kedaluwarsanya masih lama. Dengan begitu, Anda mendapatkan pakan ikan mas dengan kualitas yang lebih terjamin dan masih layak.

Baca Juga:  Tips Jitu Menghemat Pakan Ikan Lele

Anda akan menemukan berbagai macam merek pakan di pasaran. Usahakan pilih merek yang tepercaya terlebih dahulu. Namun, jika tidak ada merek yang Anda ketahui, lihat bagian kandungan atau komposisi pakan untuk mengetahui kadar proteinnya. Pilihlah pakan sesuai dengan tujuan dan umur ikan.

 

 

 


loading...