Pakan yang Disukai Burung Cucakrawa

Pertanianku— Cucakrawa termasuk burung yang memakan serangga dan buah-buahan di alam bebas. Biasanya burung ini memakan belalang, ulat daun, dan kupu-kupu. Adapun buah-buahan yang sering dimakan adalah pepaya, pisang, ceri, dan jambu. Untuk pakan burung cucakrawa yang dipelihara biasanya adalah pisang kepok dan pepaya. Namun, selain kedua buah tersebut masih ada pakan lain yang disukai dan bisa diberikan. Berikut ini pakan yang disukai burung cucakrawa.

pakan burung cucakrawa
foto: pertanianku

Pepaya

Pepaya merupakan buah yang sering diberikan untuk pakan cucakrawa, terutama untuk cucakrawa yang masih bakalan. Pepaya yang bagus diberikan untuk burung cucakrawa ialah yang belum terlalu matang atau masih mengkal. Buah pepaya yang terasa manis justru tidak begitu disukai oleh cucakrawa. Biasanya, burung jarang memakan bagian pangkal, meskipun terkadang bagian tersebut tetap dimakan olehnya.

Loading...

Pisang kepok

Pisang kepok sangat baik untuk cucakrawa yang sudah lama dipelihara. Pisang kepok kurang baik diberikan untuk bakalan karena agak liat atau sukar dimakan oleh bakalan.

Pisang kepok yang bagus diberikan untuk cucakrawa adalah pisang kepok putih. Selain mudah dimakan, pisang kepok putih memiliki rasa kurang manis. Ciri-ciri pisang kepok putih, yakni kulit luarnya masih berwarna hijau dan ramping. Sementara itu, pisang kepok kuning memiliki rasa yang agak manis dan asam sehingga kurang disukai oleh cucakrawa.

Dalam sehari, cucakrawa dapat menghabiskan 3—4 buah pisang. Jika sudah lama dipelihara, cucakrawa menghabiskan hanya dua buah per hari.

Pakan buatan

Selain buah-buahan, burung cucakrawa juga bisa diberikan pakan buatan. Saat ini banyak pakan buatan berkualitas baik, bahkan sangat baik karena mengandung gizi seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, dan air. Kebutuhan nutrisi burung cucakrawa tidak hanya bisa dipenuhi dari buah-buahan dan serangga, burung tetap membutuhkan pakan buatan untuk menjaga kestabilan dalam beraktivitas.

Baca Juga:  Sapera, Kambing Perah Asal Indonesia yang Cepat Berkembang Biak

Pakan tambahan

Untuk burung cucakrawa yang dipelihara, serangga berganti peran menjadi makanan tambahan yang diberikan sebagai selingan yang diberikan setiap hari dengan jumlah yang terbatas. Serangga dipercaya berkhasiat untuk memperpanjang umur burung cucakrawa.

 

 

 

Loading...
Loading...