Pakan yang Tepat untuk Induk Kambing yang Sedang Menyusui

Pertanianku — Pakan yang diberikan untuk induk kambing yang sedang menyusui harus tepat dan bergizi. Hal ini karena pakan induk kambing akan memengaruhi produksi susu induk untuk anaknya. Pakan untuk induk yang berbobot 25—35 kg dan sedang menyusui satu anak (anak tunggal) diberikan sebanyak 4—5 kg hijauan segar.

pakan induk kambing
foto: pixabay

Selain pakan hijauan, induk juga membutuhkan pakan tambahan berupa konsentrat sebanyak 0,5—1 kg/ekor/hari dan pakan dengan kadar protein sekitar 16 persen.

Induk kambing PE yang sedang menyusui bisa menghasilkan susu sebanyak 1,5—3,7 liter per ekor per hari. Kuantitas susu yang dihasilkan sangat ditentukan dari kondisi pakan yang dikonsumsi dan faktor genetik. Induk kambing PE membutuhkan pakan hijauan sebanyak 10 persen dari berat tubuhnya.

Loading...

Selain itu, induk kambing PE membutuhkan konsentrat (pakan rumput) sebanyak setengah dari produksi susunya. Jika bobot induk kambing PE betina dewasa sebesar 30—50 kg/ekor, pakan hijauan yang dibutuhkan sebanyak 3—5 kg/ekor/hari dan pakan konsentrat sebanyak 0,7—1,2 kg bahan kering/ekor/hari.

Konsentrat diberikan pada induk sebanyak dua kali sehari, yakni pada pagi hari sekitar pukul 8 dan siang hari sekitar pukul 2.

Hijauan yang bagus diberikan untuk induk kambing yang sedang menyusui adalah king grass, rumput gajah, rumput setaria, rumput benggala, atau kacang-kacangan seperti daun gamal, kaliandra, dan kacang tanah. Seluruh tanaman tersebut bagus dibudidayakan oleh peternak.

Pakan untuk induk juga bisa berasal dari limbah pertanaman seperti jerami padi, jagung, daun nangka, daun waru, daun dadap, dan daun pisang.

Konsentrat yang diberikan untuk induk bisa terbuat dari campuran dedak padi sebanyak 50 persen, jagung giling 25 persen, dan bungkil kelapa atau ampas tahu sebanyak 25 persen. Setiap 1 kg konsentrat dibutuhkan 1 persen garam dapur, 0,5 persen tepung tulang, dan 0,5 persen tepung kapur sirih.

Baca Juga:  Fakta Unik Sapi yang Tersebar di Seluruh Dunia

Selain pakan hijauan dan konsentrat, peternak juga harus menyediakan air minum yang selalu tersedia dan mudah dijangkau oleh induk. Pakan yang dikonsumsi oleh induk bukan saja hanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi induk kambing. Pakan tersebut juga harus memenuhi kebutuhan nutrisi anak kambing yang belum disapih.

 

 

 

Loading...
Loading...