Kenali Pakan Ayam KUB yang Tepat

Pertanianku — Pada dasarnya pakan ayam KUB hampir sama dengan ayam kampung biasa. Ayam KUB mampu mengonversi makanan lebih efektif jika dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Selain itu, ayam ini mampu adaptif terhadap perubahan makan yang terjadi sehingga dapat meminimalisir stres karena perubahan pakan.

Pakan Ayam KUB
foto: BPTP Kalimantan Selatan

Pakan ayam KUB pedaging

Ayam KUB pedaging membutuhkan zat-zat gizi yang optimum selama masa pemeliharaan untuk mendukung pertumbuhannya. Pakan dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan umur ayam, yaitu pakan starter dan pakan fisher.

Loading...

Pakan starter diberikan untuk ayam sejak Day Old Chick (DOC) sampai ayam berumur 21 hari. Setelah itu, ayam akan diberikan pakan fisher.

Pakan starter yang digunakan untuk KUB pedaging bisa menggunakan pakan broiler komersial yang dapat dijumpai di berbagai toko penjual pakan. Pakan starter berfungsi untuk mendorong pertumbuhan bobot dan organ-organ tubuh ayam KUB hingga pertumbuhan ayam maksimal hingga masa panen.

Setelah ayam berumur 21 hari, pakan diganti menjadi pakan fisher berupa campuran antara ransum broiler starter, jagung kuning, top mix komersial, dan dedak. Perbandingan masing-masing komposisi adalah 610 g/kg ransum broiler starter, 110 g/kg jagung kuning, 270 g/kg dedak, dan 10 g/kg top mix komersial.

Disarankan untuk menambahkan 2,5 g serbuk koksidiotas herbal formula Badan Litbang Pertanian ke dalam komposisi ransum ayam KUB.

Pakan KUB petelur

Nutrisi yang dibutuhkan ayam KUB petelur dan pedaging memiliki perbedaan sehingga pakan yang diberikan harus berdasarkan kebutuhan nutrisi masing-masing jenis. Pakan yang tepat akan mendukung pertumbuhan dan produktivitas telur yang baik.

Pemberian ransum secara bertahap seperti pada ayam petelur lainnya ternyata tidak memiliki efek apa pun terhadap ayam KUB petelur. Dalam pemberian pakan yang harus dilakukan hanyalah harus memenuhi semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh KUB petelur. Jadi, pemberian ransum pada KUB petelur dapat diberikan satu jenis sejak DOC sampai masa produksi telur.

Baca Juga:  Resep Biskuit Daun Pepaya untuk Meningkatkan Produksi Susu Ternak

Setelah ayam bertelur, pakan yang diberikan akan berubah menjadi pakan campuran yang terdiri atas layer, dedak padi, mineral Wonder dan tepung ikan dengan perbandingan 2,5:1:0,03:0,1. Pakan ini memiliki kadar air sebanyak 10,6 persen; protein kasar 17,44 persen; serat kasar 8,69 persen; lemak 7,47 persen; abu 15,7 persen; kalsium 2,94 persen; fosfor 0,75 persen; dan energi kasar setara 2.850 kkal.

Loading...
Loading...