Pakan yang Tepat untuk Kambing Perah

PertaniankuPakan kambing perah yang paling utama adalah hijauan. Namun, kambing perah tetap membutuhkan pakan tambahan berupa pakan penguat (konsentrat), agar produksi yang dihasilkan lebih maksimal. Selain jenis pakan yang diberikan, Anda juga perlu memberikan pakan kambing perah sesuai dengan kondisi kambing.

pakan kambing perah
foto: Pertanianku

Pakan ketika ternak masa kawin

Anda bisa meningkatkan kemungkinan kelahiran anak kembar pada 2—3 minggu sebelum masa kawin dengan cara memberikan pakan berkualitas baik seperti konsentrat dengan kandungan protein kasar sekitar 18—20 persen sebanyak 1—1,5 kg/ekor.

Setelah kawin, pakan hijauan diberikan secara bertahap, baik dari segi jumlah maupun kualitas. Pakan hijauan yang diberikan sebaiknya dicampur-campur agar perkembangan kambing perah pascamelahirkan berjalan lebih baik.

Pakan saat induk bunting

Pada saat bunting, induk membutuhkan pakan yang lebih banyak karena induk harus memenuhi kebutuhan dirinya sendiri dan janin yang ada di dalam kandunganya. Saat usia kebuntingan sudah masuk tiga bulan, kebutuhan gizi yang dibutuhkan akan semakin tinggi. Hampir 70—75 persen pertumbuhan terjadi pada masa tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas pakan.

Kekurangan gizi dapat menyebabkan bobot anak yang lahir rendah, bahkan mengakibatkan kematian. Sementara itu, pemberian pakan yang terlalu banyak malah akan menyebabkan janin terlalu besar sehingga proses kelahiran menjadi lebih sulit.

Pakan hijauan untuk induk yang sedang bunting berupa rumput 60 persen dan legum 40 persen. Berikan pakan tambahan yang mengandung PK 14—16 persen sebanyak 0,5—1 kg/hari. Anda bisa mengganti pakan tersebut dengan umbi atau ampas tahu dan limbah agroindustri lainnya.

Selama bunting, Anda harus menjaga ketersediaan air minum di dalam kandang tetap ada. Berikan juga tambahan mineral blok untuk mengatasi kemungkinan kekurangan mineral di dalam pakan.

Baca Juga:  Kekurangan Kandang Postal untuk Ternak Ayam Elba

Pakan saat induk menyusui dan anak belum disapih

Saat menyusui, induk juga perlu memberikan asupan makanan pada cempe atau anak kambing sehingga kebutuhan pakan induk dan anak menjadi satu. Oleh karena itu, jumlah pakan yang bisa dikonsumsi oleh anak kambing sangat bergantung pada banyaknya susu induk yang dihasilkan.