Pakis, Sayuran dengan Sejuta Manfaat


Pertanianku — Sekarang ini, ketersediaan sayur pakis di Indonesia terbilang kurang stabil. Hal ini dikarenakan para petani sayuran di Indonesia tidak ada yang membudidayakan pakis untuk dijual. Padahal, sayuran pakis sangat bermanfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat sayuran pakis?

pakis
Foto: Pixabay

1. Menguatkan otot

Kandungan protein di dalam sayur pakis bisa menguatkan otot sehingga Anda tak mudah alami nyeri otot. Selain itu, Anda juga akan merasakan otot membesar, seakan-akan seperti atlet binaraga. Oleh karena itu, jangan heran bila banyak atlet sangat menyukai sayur pakis ini.

2. Menghilangkan timbunan lemak

Timbunan lemak bisa sangat menyebalkan. Apalagi bila timbunannya terjadi di perut. Membuat perut tampak buncit dan selalu diejek oleh orang lain sebagai perut gendut. Daripada bertahan dalam kondisi perut begitu, mending kita usir saja, hilangkan timbunan lemaknya dengan sayur pakis ini.

3. Meningkatkan stamina

Sayur pakis mengandung kalori yang begitu baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan memakan sayur ini, Anda akan memiliki stamina yang selalu stabil. Bila memang stamina sedang down, sayur pakis ini akan meningkatkannya dan mempertahankannya.

4. Melancarkan saluran cerna

Kandungan serat di dalam sayuran pakis ini begitu baik untuk melancarkan saluran cerna sehingga Anda tak lagi merasa terganggu. Selain itu, seratnya juga akan membersihkan usus sehingga Anda terhindar dari risiko terkena radang usus buntu yang bahaya itu bila sudah kritis.

5. Menambah berat badan

Untuk Anda yang memiliki masalah kurang berat badan, makan saja sayur pakis. Sebab, sayur ini memang bisa menambah berat badan Anda. Sayur pakis akan memperbaiki metabolisme tubuh Anda agar lebih baik. Memang sebagian besar gangguan berat badan disebabkan oleh metabolisme yang buruk.

Baca Juga:  5 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Anak

6. Menguatkan tulang dan gigi

Kadar kalsium dan fosfor yang ditemukan dalam manfaat sayur pakis bisa menguatkan tulang dan gigi Anda. Oleh karena itu, Anda tak lagi perlu khawatir mengalami keompongan atau gangguan tulang dan gigi di usia yang masih muda.

7. Menghilangkan selulit

Selulit merupakan garis-garis lemak yang menonjol di permukaan kulit. Dengan memakan sayur pakis ini, perlahan selulit akan hilang seutuhnya dari tubuh Anda. Maka, tak perlu lagi repot-repot ke dokter untuk perawatan sedot lemak yang bahaya dan mahal.