Pamelo Merah, Jeruk Bali Unggulan

Pertanianku — Pamelo adalah jenis tanaman buah yang termasuk jenis jeruk besar. Di Indonesia sendiri pamelo lebih dikenal dengan jeruk bali. Nama pamelo sendiri berasal dari bahasa Inggris pomelo. Pamelo merah merupakan jeruk bali unggulan yang belum lama hadir.

pamelo  merah
foto: pertanianku

Umumnya, jeruk bali atau pamelo memiliki kulit yang berwarna hijau, tetapi pamelo merah memiliki kulit yang berwarna merah. Jenis ini menjadi pusat perhatian di dunia tanaman buah, baik dalam maupun luar negri.

Pamelo merah merupakan buah yang berasal dari Vietnam. Asal-usul buah ini menjadi komoditas baru adalah saat seseorang penangkar tanaman pamelo yang berasal dari Thailand pergi ke Vietnam pada 2007 lalu. Tujuannya, memang untuk menemukan pamelo merah. Setelah ia menemukan dan mencicipi buah yang telah masak, sang penangkar yakin bahwa buah ini dapat menjadi buah komoditas yang bagus untuk dikembangkan.

Loading...

Sang penangkar menyambungkan batang pamelo merah di atas dan batang pamelo Thailand di bawahnya. Hingga saat ini pamelo merah dibudidayakan secara intensif di Thailand. Sementara, untuk di dalam negeri sendiri, buah ini belum mendapatkan perhatian dan tidak dibudidayakan secara intensif.

Buah ini memiliki cita rasa yang lezat dengan penampilan yang menarik. Keunikannya dapat menarik banyak perhatian. Namun, belum banyak yang membudidayakannya sehingga menyebabkan kelangkaan bibit dan membuat bibit pamelo menjadi mahal.

Oleh karena itu, saat membeli bibit pamelo merah perlu berhati-hati karena bibitnya sama dengan pamelo biasanya. Mulai dari segi tekstur, bentuk dan warna daun, hingga karakternya. Bahkan, saat buahnya masih muda sangat mirip dengan pamelo biasa. Buah dapat dibedakan saat menjelang siap dipetik.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki pamelo jenis ini adalah warna kulit buah yang eksotis merah menyala sehingga menarik perhatian. Cita rasa buah ini juga lebih unggul jika dibandingkan dengan pamelo biasa, rasanya manis sedikit masam segar. Tidak ada rasa getir sama sekali.

Baca Juga:  Resep Jus Buah Nikmat untuk Cegah Penyakit Jantung

Produktivitas buah ini juga terbilang cepat dan berpotensi mendongkrak derajat jenis buah pamelo lainnya. Pamelo sebagai komoditas buah jeruk masih kalah dengan jenis jeruk yang sering beredar di pasaran. Hal ini disebabkan buah pamelo mengandung rasa getir sehingga peminatnya hanya sedikit.

Loading...
Loading...