Pancaroba, Musim yang Ditakuti Peternak Ayam

Pertanianku— Musim menjadi faktor eksternal yang dapat memengaruhi perkembangan ayam. Oleh karena itu, kegiatan perawatan yang dilakukan harus disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung. Sebenarnya, tiap musim memiliki tantangan tersendiri, tetapi biasanya musim pancaroba atau pergantian musim menjadi musim yang ditakuti. Pasalnya, pada masa ini akan ada banyak serangan penyakit yang muncul.

musim pancaroba
foto: Pertanianku

Perubahan musim yang terjadi dapat menyebabkan perubahan suhu dan tingkat kelembapan lingkungan. Biasanya, masalah pada musim pancaroba muncul pada ternak ayam yang tidak diberikan vaksinasi secara rutin sehingga kondisi ayam tidak siap menghadapi perubahan suhu dan kelembapan.

Musim pancaroba juga erat kaitannya dengan perubahan arah angin yang terjadi secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat menyebabkan penularan penyakit lebih cepat.

Namun, saat ini masa musim hujan dan musim kemarau sudah tidak berjalan sesuai dengan yang seharusnya. Saat ini justru musim hujan terjadi di musim panas. Begitu pun dengan musim panas, sering terjadi saat musim hujan. Kondisi perubahan ini harus Anda hadapi dengan tindakan preventif dalam pemeliharaan dan perawatan ayam ternak.

Serangan penyakit yang mengancam saat pancaroba dapat Anda atasi dengan perawatan yang benar dan mengandangkan ayam ternak. Sistem pengandangan dapat memudahkan pemantauan terhadap kondisi kesehatan ayam. Ayam yang sakit akan lebih mudah terdeteksi sehingga dapat segera ditangani. Penularan penyakit pun bisa dikendalikan dengan mudah sebelum menyebar terlalu luas.

Gangguan penyakit akan sangat berpengaruh terhadap produktivitas ternak karena ayam yang sakit akan mengalami penurunan tingkat produktivitas. Ayam yang sudah terserang penyakit biasanya akan jarang minum sehingga dapat mengalami dehidrasi karena terus-menerus buang air. Artinya, perubahan musim yang tidak ditangani dengan penanganan yang tepat dapat berdampak langsung terhadap kerugian.

Baca Juga:  Atasi Busuk Batang Pangkal Lada dengan Urine Kelinci

Penyakit yang cukup fatal adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Pasalnya, penyakit ini memiliki risiko yang sangat tinggi. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus adalah flu burung, tetelo, gumboro, mareks, cacar, IB, dan ILT. Misalnya, flu burung dapat menyerang seluruh populasi ayam di peternakan dan sulit diberantas. Penyakit ini dibawa oleh unggas liar yang tidak menunjukkan gejala sakit.