Pandan dan Mengkudu, Bahan Alami Penghitam Rambut

Pertanianku — Memiliki rambut hitam berkilau merupakan dambaan setiap orang. Pasalnya, rambut merupakan mahkota manusia yang bisa menambah rasa percaya diri. Untuk menjadikan rambut hitam berkilau sesuai keinginan, Anda bisa memanfaatkan bahan alami penghitam rambut seperti pandan dan mengkudu.

bahan alami penghitam rambut
Foto: Shutterstock

Di balik aromanya yang manis, pandan memiliki sejumlah khasiat kesehatan dan kecantikan. Campuran masker dari sari daun pandan bisa membersihkan komedo di wajah. Sementara, air seduhannya bisa membersihkan kulit dari dalam. Pandan juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe secara alami.

Dilansir The-Benefits.com, satu khasiat lain yang juga dimiliki daun pandan adalah mampu menghitamkan rambut secara alami. Jika Anda memiliki daun pandan di rumah, Anda dapat menggunakannya sebagai bahan penghitam rambut. Kalau ada buah noni atau mengkudu, Anda dapat mencampurnya dengan air pandan tadi di pagi hari. Gunakan sebagai hair tonic dan pakailah untuk memijat kulit kepala Anda.

Bahan:

  • 7 lembar daun pandan
  • 1 buah noni, diblender

Cara membuat dan memakai:

  • Potong sekitar 7 lembar daun pandan dan rebus dengan air. Biarkan airnya mengembun sepanjang malam.
  • Keesokan harinya, campur air seduhan pandan dengan buah noni yang sudah dilumatkan dengan blender.
  • Gunakan campuran tersebut untuk memijat kepala. Oleskan juga pada pangkal rambut hingga merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
  • Lakukan perawatan dengan kedua bahan ini secara teratur agar hasilnya terlihat.
Baca Juga:  Manfaat Buah Nangka, Pembunuh Kanker Terbaik
Loading...