Panduan Budi Daya Nila Merah di Pekarangan Rumah

Pertanianku – Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak mengonsumsi ikan. Pasalnya, Indonesia merupakan negara maritim terbesar di dunia. Hal ini berdampak dari melimpahnya produksi ikan di Indonesia.

Panduan Budi Daya Nila Merah di Pekarangan Rumah

Permintaan pasar yang tinggi terhadap ikan meningkatkan pola perilaku masyarakat yang semakin kreatif dalam menjalankan usaha budi daya ikan. Salah satu ikan yang sering dibudidayakan adalah nila merah.

Loading...

Selain dibudidayakan dalam keramba dengan media air laut, banyak juga pembudidayaan ikan air tawar yang dikembangkan di lingkungan tempat tinggal peternak ikan. Faktor lingkungan menjadi hal yang sangat penting dalam pembudidayaan ikan air tawar. Namun, ini tidak menjadi masalah berarti bagi masyarakat Indonesia yang memiliki iklim sangat tepat bagi pembudidayaan segala macam ikan air tawar. Selain faktor lingkungan yang akan sangat menentukan berlangsungnya kehidupan ikan, tersedianya pasokan air bersih juga tidak boleh disepelekan. Ini karena ikan akan mudah sekali terkena penyakit jika kebersihan air tercemar oleh limbah.

Cita rasa ikan air tawar yang cenderung netral dan tidak banyak mengandung unsur garam menjadi incaran masyarakat. Ini karena ikan air tawar memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan ikan laut.

Nila merah adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha budi daya ikan air tawar. Nila merah merupakan salah satu ikan tawar yang memiliki daya tahan tinggi terhadap berbagai macam penyakit. Biaya perawatan serta pakannya juga cenderung lebih terjangkau daripada jenis ikan tawar lainnya. Berikut beberapa penjelasan tentang tahapan budi daya nila merah.

  1. Pemilihan benih ikan

Tahapan awal pada budi daya nila merah adalah pemilihan benih ikan yang menggunakan sebagian besar benih ikan jantan. Ini karena ikan jantan memiliki rentang waktu tumbuh 40% lebih cepat daripada ikan betina.

  1. Penebaran bibit ikan
Baca Juga:  Resep Olahan Makanan dari Rumput Laut yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Pada saat penebaran benih ikan sebaiknya memastikan kapasitas kolam. Kolam ideal biasanya berukuran 1 meter persegi dengan daya tampung antara 15—30 ekor ikan. Jika terlalu banyak atau terlalu padat, akan menyebabkan risiko kematian yang tinggi.

  1. Pemeliharaan

Pada tahap ini pastikan pengelolaan air dengan cara menggantinya jika air sudah terlalu keruh.

  1. Pakan

Pakan yang diberikan pada nila merah adalah pelet dengan protein sedang.

  1. Panen

Nila merah dapat dipanen pada usia 4—6 bulan dengan bobot 300—500 gram.

Dengan cara pembudidayaan yang sangat mudah, tidak ada salahnya jika Anda memulai usaha budi daya nila merah untuk menambahkan pundi-pundi uang Anda.

Loading...
Loading...