Panduan Dasar Pemeliharaan Kelinci


Pertanianku – Bakalan yang akan digemukkan dimasukkan dalam kandang komunal, yaitu sistem kandang yang menyatukan bakalan dalam satu tempat atau rumah. Manfaat dari kandang komunal adalah peternak dapat dengan mudah mengawasi serta mengontrol kebutuhan dan kesehatan kelinci.

Kelinci Mini Asal Eropa

Kandang komunal bisa terbuat dari bahan yang sudah banyak tersedia, seperti bambu. Kandang harus membuat kelinci nyaman tinggal di dalamnya. Ukuran kandang dibuat longgar dan leluasa dengan ukuran panjang 60 cm dan lebar 80 cm, sedangkan tingginya sekitar 2 kali tinggi kelinci. Kandang tersebut cukup digunakan untuk 2—3 ekor anak kelinci.

Semakin besar kelincinya, ukuran kandang juga semakin besar. Kelinci yang digemukkan juga bisa dipilihara dalam kandang individu (kandang cepit) dengan ukuran panjang 42 cm, lebar 18 cm, dan tinggi 27 cm. Setiap kandang hanya diisi oleh seekor kelinci. Dengan kandang ini, diharapkan ruang gerak kelinci menjadi terbatas sehingga energinya tidak terkuras untuk bergerak, tetapi digunakan untuk pembentukan daging.

Selama masa penggemukan, sanitasi kandang harus dijaga. Lantai atau alas kandang, tempat pakan dan minum, sisa pakan dan kotoran kelinci setiap hari harus dibersihkan untuk menghindari timbulnya penyakit. Sinar matahari pagi sebaiknya dibiarkan masuk ke kandang untuk membunuh bibit penyakit. Dinding kandang dicat dengan kapur atau ter.

Kandang bekas kelinci sakit dibersihkan dengan kreolin atau lysol. Untuk menghindari kelembapan kandang yang tinggi, lantai kandang perlu dikapur. Hal ini terutama dilakukan ketika musim hujan.

Suhu ideal di dalam kandang yang diperlukan bagi tumbuh kembang kelinci adalah 15—16o C. Namun, pada kisaran suhu 10—30o C, binatang ini masih dapat hidup dan berkembang biak dengan baik.

Berdasarkan pengalaman, pada suhu yang sangat rendah (di bawah 10o C), nafsu makan kelinci meningkat sehingga kekenyangan. Akibatnya, anak-anak kelinci akan mengalami kelainan ginjal (nephritis) dan menggigil.

Baca Juga:  Khasiat Susu Kambing Sangat Menakjubkan

Sebaliknya, pada temperatur yang terlalu tinggi (di atas 30o C), terutama jenis new zealand white, menunjukkan kesulitan bernapas (panting). Dengan demikian, suhu lingkungan yang ideal adalah 21o C. oleh seekor kelinci Selama masa pembesaran, kelinci sebaiknya diberi pakan dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang bagus. Anak kelinci yang digemukkan membutuhkan pakan dengan kadar protein 14—18%, lemak 3—6%, serat kasar 15—20%, dan abu 5—6%. Pakan yang diberikan sebaiknya terdiri atas hijauan dan konsentrat. Sebelum diberikan, sebaiknya hijauan dicacah terlebih dahulu untuk memudahkah kelinci dalam mengonsumsi dan mencerna pakan tersebut.

 

Sumber: Buku Kelinci Potong

 

loading...
loading...