Panduan Memilih Lokasi Ternak Burung Puyuh yang Tepat

Pertanianku — Salah satu syarat yang harus dipenuhi saat memutuskan untuk memulai peternakan adalah memiliki lokasi. Lokasi ternak burung puyuh harus memenuhi syarat-syarat hidup yang sesuai dengan kriteria puyuh agar kondisinya terjamin dan bisa berkembang dengan baik. Untuk mendapatkan lokasi ternak burung puyuh yang baik, Anda harus memerhatikan beberapa hal berikut.

lokasi ternak burung puyuh
foto: pertanianku

Lokasi kandang

Pilihlah lokasi kandang atau tempat ternak yang jauh dari penyimpanan bahan-bahan kimia beraroma tajam karena dapat memengaruhi sistem pernapasan puyuh dan pastinya akan menimbulkan dampak yang kurang baik. Pilihlah lokasi kandang yang tidak membuat puyuh menjadi stres.

Perhatikan kondisi cuaca

Pilihlah lokasi kandang yang tidak langsung terpapar angin kencang dan tingkat kelembapannya tinggi. Jika Anda tidak bisa mendapatkan tempat seperti itu, Anda bisa mengurangi terpaan angin dengan membuat pagar di sekeliling kandang. Pagar kandang bisa berupa bambu atau tanaman yang berdaun lebat.

Pisahkan dari rumah tinggal

Lokasi kandang dengan rumah tinggal sebaiknya dipisahkan dengan sekat untuk menghindari aroma yang tidak sedap. Anda bisa menggunakan bubuk zeolite yang ditaburkan pada wadah kotoran untuk menetralisir aroma tidak sedap yang berasal dari kotoran burung. Zeolit ini berfungsi untuk menyerap dan menyaring air, gas, dan bau dari kotoran puyuh. Bahan lain yang bisa Anda gunakan adalah EM4 dan fosfor.

Syarat yang harus dipenuhi

Kandang yang baik adalah kandang yang memiliki sirkulasi udara yang cukup, mendapatkan sinar matahari pagi, terlindung dari curah hujan atau percikannya, tidak terlalu lembap, tidak terpapar angin kencang, jauh dari penyimpanan bahan kimia, terhindar dari suara bising yang dapat mengagetkan puyuh, tidak ada hewan yang lalu lalang di sekitar kandang, tata letak tempat minum dan pakan cukup tinggi agar tidak tercampur dengan kotoran puyuh.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengefisiensikan Biaya Produksi Ternak Ayam Kampung

Buatlah alas kandang yang terbuat dari bahan yang nyaman untuk berpijak, seperti kawat atau bilah bambu. Gunakan wadah penampung kotoran yang mudah untuk keluar masuk kandang. Jangan buat kandang langsung di atas tanah. Atau, jika terpaksa, pastikan kandang tidak akan tergenang air saat musim hujan. Buatlah jarak antara baris pertama kandang dan lantai ruangan sekitar 30—50 cm.

 


loading...