Panduan Memilih Obat yang Tepat untuk Ayam

Pertanianku — Jika Anda kebingungan dalam memilih merek dan jenis obat ayam apa yang tepat untuk ayam, sebaiknya Anda simak panduan praktis untuk memilih obat ayam yang tepat untuk ayam sesuai dengan kandungan dan penyakit yang sedang diderita.

obat ayam
foto: pertanianku

Pilih kandungan yang tepat

Anda juga harus berhati-hati saat menggunakan obat. Sebab, obat bisa menjadi racun jika disalahgunakan. Menyembuhkan penyakit cacingan harus menggunakan obat cacing. Sementara, untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri harus dilakukan secara perlahan-lahan, dari obat yang paling rendah terlebih dahulu.

Loading...

Lihat komposisi obat

Jangan melihat merek dagang obat, tapi lihat komposisi dari obat tersebut. Kadang ada beberapa merek yang memiliki kandungan yang sama. Namun, ada beberapa merek yang memiliki kandungan berbeda. Misalnya, ada obat yang sama-sama mengandung penisilin.

Sementara, untuk membeli vaksin, lihatlah bahan vaksin, strain, dan klasifikasi vaksin.  Misalkan, kandungan ND digunakan untuk strain la sota dan perhatikan apakah vaksin hidup atau mati dan bagaimana bentuknya.

Dosis obat

Perhatikan patokan dosis dan cara menggunakannya, biasanya informasi terdapat di bagian kemasan. Dari sini Anda bisa mengetahui apakah obat tersebut ekonomis atau boros. Anda bisa membandingkan penggunaan dosis antarmerek sehingga bisa mendapatkan obat untuk ayam yang ekonomis.

Pabrik pembuat obat

Pabrik obat harus bertanggung jawab akan identitas pada labelnya sehingga pilihlah obat yang dibuat dari pabrik yang jelas identitas serta keberadaannya. Sebab, jika terjadi sesuatu pada ayam, Anda bisa meminta pertanggungjawaban apabila kesalahan dari obatnya.

Cara menggunakan

Efektivitas obat juga bergantung pada cara obat itu dimasukkan ke tubuh ayam. Tindakan pencegahan biasanya diberikan melalui air minum, sedangkan untuk tindakan pengobatan biasanya dilakukan melalui suntikan. Namun, jika yang terkena adalah ayam satu kandang, Anda harus melihat terlebih dahulu penyebab dan penyakit apa yang terjangkit.

Baca Juga:  Waspadai Penyakit Ketosis yang biasa Diidap Sapi Perah pada Awal Laktasi

Jika sakit disebabkan oleh virus, 90 persen ayam satu kandang berpotensi mati. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh kesalahan dalam pemberian vaksin sehingga menyebabkan virus berkembang biak. Ayam yang terkena virus sebaiknya diobservasi terlebih dahulu untuk menentukan tindakan yang harus diambil.

Loading...
Loading...