Panduan Menentukan Lokasi Kandang Sapi yang Strategis

Pertanianku Lokasi kandang sapi sebetulnya tidak bisa disepelekan karena juga dapat berperan penting untuk hasil produksi hewan ternak. Lokasi kandang sapi dapat memengaruhi proses distribusi dan proses pemeliharaan. Dalam menentukan lokasi kandang, Anda harus memerhatikan beberapa faktor berikut.

lokasi kandang sapi
foto: pertanianku

Suhu

Suhu akan berpengaruh terhadap tingkat kelembapan kandang yang langsung memengaruhi pertumbuhan sapi. Sebagai contoh, sapi perah membutuhkan suasana yang sejuk dengan suhu sebesar 23—28°C. Suhu tersebut dapat mendukung sapi friesian holstein, Simmental, dan limousin tumbuh dengan perkembangan yang optimal. Suhu yang terlalu tinggi atau rendah di bawah 24°C akan membuat pertumbuhan sapi menjadi terhambat.

Loading...

Luas lahan

Sebenarnya, lahan yang baik untuk beternak sapi adalah lahan yang luas dan bersertifikat. Lahan yang luas membutuhkan modal investasi yang cukup besar sehingga tidak bisa dijangkau oleh seluruh peternak. Namun, Anda tetap bisa memanfaatkan luas lahan yang ada untuk sementara saat masih merintis usaha dari bawah.

Kondisi lingkungan

Hasil sampingan dari ternak sapi adalah kotoran, urine, sisa pakan yang tidak termakan, dan sisa air bekas mandi sapi. Seluruh hasil sampingan tersebut akan menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan jika tidak ditangani dengan benar. Oleh karena itu, sebaiknya saat ingin memulai usaha, Anda mempersiapkan lahan untuk pengolahan limbah sapi menjadi barang yang bermanfaat seperti pupuk dan biogas.

Potensi sumber pakan

Pakan merupakan barang yang harus selalu ada. Pakan juga memengaruhi biaya pemeliharaan. Pakan yang harus didistribusikan dari tempat yang jauh akan menyebabkan biaya transportasi membengkak sehingga harga sapi lebih mahal.

Anda perlu mempertimbangkan lokasi kandang yang dekat dengan sumber pakan untuk menghemat biaya pakan. Misalnya saja, dekat dengan pabrik tahu agar mudah memanfaatkan ampas tahu sebagai pakan alternatif untuk sapi.

Baca Juga:  Penyimpanan Pakan Ayam Tidak Boleh Sembarangan

Sumber air

Memelihara sapi membutuhkan sumber air untuk minum dan memandikan sapi. Sumber air bisa didapatkan dari sumur atau sungai. Peternakan sapi yang besar biasanya menggunakan sumber air dari sumur.

Akses ke jalan

Sebaiknya, kandang dekat dengan jalan utama untuk memudahkan proses pengangkutan. Atau, setidaknya lokasi yang dapat dijangkau oleh kendaraan roda empat.

 

 

 

 

Loading...
Loading...