Panduan Praktis Beternak Entok

Pertanianku – Jika Anda ingin memiliki usaha tetapi bingung harus menjalankan usaha apa, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan memulai usaha beternak entok. Mengembangkan ternak unggas saat ini banyak diminati masyarakat, baik sekadar hobi, usaha sampingan maupun sebagai mata pencaharian.

Panduan Praktis Beternak Entok

Beberapa orang telah membuktikan bahwa beternak entok lebih menguntungkan dibandingkan dengan unggas jenis lainnya seperti ayam dan bebek. Pasalnya, masih sangat sedikit orang yang mengembangkan usaha ini. Padahal, di pasaran permintaan entok semakin meningkat. Sebuah prospek usaha yang menggiurkan bukan?!

Loading...

Selain besarnya peluang bisnis beternak entok, ternyata cara ternak entok pun juga tergolong cukup praktis. Tentu saja ada banyak alasan mengapa para pencari usaha sampingan melirik entok sebagai target usaha. Salah satunya, masalah pakan yang sangat irit. Hal ini pasti akan berimbas pada cara beternak yang semakin mudah. Peternak tidak perlu ke sana kemari untuk mencarikan pakan untuk entok.

Selain pakan yang terbilang lumayan irit, tenyata masih ada lagi beberapa alasan yang membuat masyarakat cukup tertarik dengan usaha beternak entok atau yang sering disebut sebagai itik manila ini.

Modal awal yang dibutuhkan juga terbilang sangatlah terjangkau untuk ukuran bisnis rumahan. Uang yang perlu Anda keluarkan untuk pertama kalinya hanya pada kisaran kurang dari lima ratus ribu. Uang sejumlah itu mungkin bisa Anda dapatkan dari tabungan atau mungkin meminjam dari orang dekat yang dapat dipercaya.

Dari modal awal tersebut Anda akan dapat membeli beberapa ratus ekor bibit entok. Harga bibit entok per ekor biasanya dijual Rp3 ribu rupiah. Namun, yang perlu diperhatikan adalah teknik beternak anakan entok pastilah agak berbeda dengan teknik beternak entok yang sudah dewasa.

Cara beternak entok tergolong cukup mudah karena tidak diperlukan perhatian khusus seperti ketika kita beternak hewan lain. Yang perlu Anda perhatikan adalah jadwal pemberian pakan dan jenis-jenis penyakit unggas. Ini tentu saja perlu diperhatikan karena akan berdampak langsung pada kesehatan entok. Entok pedaging ketika terkena penyakit akan menyusut beratnya sehingga kemungkinan Anda akan menanggung rugi pun juga semakin besar.

Baca Juga:  Kunci Sukses Usaha Ayam Petelur

Tiga hal utama yang harus menjadi perhatian Anda jika Anda ingin beternak entok, yaitu pakan, kesehatan entok, dan juga kondisi kandang. Peternak mungkin tidak perlu terlalu sering membersihkan kandang, tetapi tetap harus dicek karena kandang yang kotor bisa menjadi sarang penyakit.

Loading...
Loading...