Panduan Praktis Beternak Kambing Gibas

Pertanianku – Kambing gibas adalah salah satu jenis kambing yang memiliki ciri-ciri khusus seperti bulunya yang panjang dan gimbal, maka tak heran jika kambing jenis ini sering juga dipanggil dengan sebutan kambing gimbal. Pada umumnya, warna bulu kambing gibas yakni putih dan tubuhnya cukup besar. Dengan hasil daging yang jumlahnya lebih banyak dari yang bisa dihasilkan oleh kambing biasa, budidaya kambing gibas bisa menjadi salah satu pilihan usaha dalam bidang bisnis peternakan yang bisa menghasilkan keuntungan cukup besar. Berikut panduan lengkap beternak kambing gibas.

Panduan Praktis Beternak Kambing Gibas

  1. Tips beternak kambing gibas

Bagi Anda sekalian yang mungkin masih merupakan para pemula yang ingin menjalankan bisnis ternak kambing gibas ini, di bawah ini kita akan membahas secara singkat mengenai beberapa tips yang bisa kita jadikan pedoman dalam menjalankan usaha budidaya kambing ini. Beberapa tips yang akan kita bahas yakni diantaranya mengenai proses pembibitan dan juga cara beternak kambing gibas.

Loading...
  1. Pembibitan kambing gibas

Untuk proses pembibitan, kita perlu memastikan bahwa bibit kambing gibas kita adalah bibit unggul yang akan membuat hasil dari beternak kambing gibas. Bibit bisa kita dapatkan dari membeli maupun mengawinkan sendiri kambing gibas pejantan dengan kambing gibas betina unggulan. Dalam pembibitan, biasanya seekor kambing gibas jantan unggulan bisa kita pasangkan dengan sekitar empat ekor kambing gibas betina unggulan di dalam satu kandang yang besarnya cukup. Jika diketahui telah ada kambing betina yang bunting, maka kita harus segera memisahkannya ke kandang sendiri.

  1. Cara beternak kambing gibas

Cara beternak kambing gibas secara umum sama saja dengan cara ternak untuk kambing biasa. Yang harus selalu kita awasi yaitu kebersihan kandang dan suplai makanan yang mencukupi. Selain itu, kita juga hendaknya memberikan nutrisi tambahan kepada kambing berupa pakan konsentrat dan memberikan suntikan vitamin. Jika kita memiliki lahan terbuka yang cukup luas, maka sebaiknya kita secara rutin melepaskan kambing supaya bebas berkeliaran dan makan rumput, yang tentunya kita lakukan dengan pengamanan dan pengawasan. Hal tersebut dimaksudkan supaya kambing tidak stress.

Baca Juga:  Jurus Jitu agar Panen Telur Itik Setiap Hari

Itulah beberapa panduan praktis tentang peluang usaha beternak kambing gibas dan cara membudidayakannya.

Loading...
Loading...