Panduan Praktis Budi Daya Kerbau Pedaging

Pertanianku – Dahulu, kerbau banyak digunakan membantu para petani untuk membajak sawah. Mungkin sebagian besar masyarakat saat ini sangat sedikit yang mencoba usaha budi daya kerbau karena memang dagingnya di Indonesia kurang sepopuler daging sapi. Ini adalah peluang untuk Anda yang ingin memiliki sebuah usaha peternakan. Anda dapat mempertimbangkan untuk menjalankan usaha budi daya kerbau.

Panduan Praktis Budi Daya Kerbau Pedaging

Proses perawatan pada budi daya kerbau tidak jauh berbeda dengan budi daya hewan ternak lain seperti sapi, kambing dan yang lainnya. Makanannya pun tergolong mudah didapat karena makanan yang disukainya itu rumput di persawahan. Berikut panduan praktis budi daya kerbau.

Loading...
  1. Memilih bibit kerbau yang bagus

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk budi daya kerbau adalah mencari bibit kerbau yang berkualitas bagus. Untuk pemilihan bibit yang bagus bisa melihat pedoman dari silsilah keturunan. Ini karena biasanya bibit kerbau yang bagus itu akan tercermin dari keturunannya. Selain itu, dalam pemilihan bibitnya juga harus memerhatikan beberapa faktor, yaitu berat saat lahir, berat saat disapih, pertambahan berat, dan kriteria tertentu misalnya jumlah menang apabila pernah diikutkan dalam perlombaan. Sebenarnya, hal yang paling penting dalam pemilihan bibit kerbau ini dapat dilihat dari pengamatan kesehatan kerbau, umur kerbau, dan juga keadaan luar peternakan kerbau. Untuk kesehatan kerbau sendiri dapat dilihat dari cirinya seperti berikut.

  • Matanya terlihat putih bersih.
  • Kulitnya terlihat bercahaya dan tidak terlihat luka di kulitnya seperti kurap.
  • Tubuhnya terlihat gemuk yang menandakan kerbau itu sehat dan doyan makan.
  • Hidungnya tidak beringus. Walaupun beringus, usahakan cari yang sedikit ingusnya.
  • Tidak terlihat cacat, baik itu fisik maupun mental.
  • Kerbau jantan memiliki alat kelamin dan kakinya harus yang kuat.
  • Kerbau betina mempunyai alat kelamin yang normal serta ambingnya baik.
  1. Mempersiapkan kandang yang ideal untuk kerbau
Baca Juga:  Cara Mencegah Walet Kabur dari Sarang

Setelah bibit kerbau didapatkan, Anda perlu mempersiapkan kandang yang ideal untuk budi daya kerbau. Berikut ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam membuat kandang yang sesuai untuk kebau.

  • Buatlah kandang kerbau yang jaraknya lumayan jauh dari rumah atau pemukiman sebab bisa mengganggu sekitarnya karena bau yang akan timbul dari kotorannya.
  • Untuk bentuk kandangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa dibuat dari bambu seperti kandang pada umumnya.
  • Untuk lantai tanah bisa diberi semen atau tanah yang dipadatkan, usahakan lantai di kandang lebih tinggi daripada permukaan tanah di sekitar kandang. Sebab, bila terjadi hujan lantai kandang tidak akan becek terkena air hujan.
  • Berikanlah juga ventilasi pada kandang agar sirkulasi udara tetap baik.
  • Buatlah juga sistem drainase atau pembuangan, baik itu di dalam maupun di luar kandang.
  1. Melakukan perawatan pada kerbau

Dalam perawatan kerbau yang harus dilakukan adalah memberikannya pakan setiap hari, menggembalanya di sawah, memandikannya dan yang lainnya.

Pakan yang bisa diberikan berupa rumput segar (hijauan), jerami padi, dedak halus, kacang-kacangan yang masih segar, vitamin, mineral, dan garam untuk pelengkap. Dalam pemberian makanannya bisa diberikan pada pagi dan sore hari yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Loading...
Loading...