Panduan Praktis Budi Daya Lengkuas

Pertanianku – Lengkuas merupakan satu dari sekian banyak tanaman obat yang mudah ditemui di Indonesia. Lengkuas biasa digunakan sebagai bumbu pada masakan. Berdasarkan sebuah penelitian, lengkuas memiliki senyawa yang berfungsi sebagai obat untuk beberapa penyakit jika dikonsumsi. Oleh karena itu, lengkuas sering dijadikan sebagai salah satu bahan baku pembuatan jamu tradisional.

Panduan Praktis Budi Daya Lengkuas

Bercocok tanam lengkuas bisa menjadi kegiatan yang menarik. Kita bisa dengan mudah menumbuhkan tanaman lengkuas yang bermanfaat ini di halaman rumah untuk kemudian dikonsumsi sendiri hasilnya. Akan tetapi, budi daya lengkuas dengan tujuan bisnis juga bisa menjadi alternatif usaha yang baik. Berikut panduan praktis budi daya lengkuas.

Loading...
  1. Menentukan lokasi ideal

Hal pertama yang dipersiapkan untuk memulai budi daya lengkuas adalah lokasi ideal untuk budi daya lengkuas. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di wilayah yang terletak di dataran tinggi ataupun dataran rendah. Idealnya, kita bisa menumbuhkan tanaman lengkuas di wilayah yang terletak di ketinggian di bawah 1.200 meter dari permukaan laut. Sementara itu, suhu udara yang ideal untuk budi daya lengkuas, yaitu sekitar 25 derajat Celcius. Lengkuas juga membutuhkan tingkat kelembapan udara yang sedang dan sinar matahari yang cukup banyak.

  1. Pengolahan lahan untuk budi daya lengkuas

Sebelum membahas teknik atau cara budi daya lengkuas, kita harus tahu dulu bagaimana mengolah lahan yang baik untuk menanam lengkuas. Pengolahan lahan dilakukan setidaknya dua minggu sebelum penanaman. Hal ini dimaksudkan supaya tanah terbebas dari senyawa-senyawa racun setelah dibalik. Kegiatan pengolahan lahan meliputi membajak tanah, membuat bedengan, memupuk tanah, dan juga mengatur tingkat keasaman tanah hingga pas.

  1. Pembibitan lengkuas

Bibit yang baik adalah bakal hasil panen yang melimpah. Oleh karena itu, kita harus memilih bibit dengan saksama sebelum menanamnya. Bibit yang baik bisa diambil langsung dari kebun lengkuas, dan bukan membeli lengkuas di pasar. Hal penting yang harus dicermati dalam pemilihan bibit adalah pilihlah bibit dari pohon lengkuas yang sudah cukup tua. Selanjutnya, pilihlah juga bibit lengkuas dari pohon yang sehat dan bebas dari gangguan hama ataupun penyakit.

  1. Penyemaian bibit lengkuas
Baca Juga:  Cara Memelihara Bibit Kelapa Sawit yang Masih Berkecambah

Setelah mendapatkan bibit lengkuas yang baik, langkah selanjutnya sebelum menanam adalah penyemaian. Bibit disemaikan terlebih dahulu di lahan khusus yang kita siapkan untuk persemaian. Persemaian bisa dilakukan di dalam peti kayu. Cara persemaian di dalam peti kayu, yaitu dengan mematahkan bibit lengkuas hingga masing-masing memiliki sekitar 4 mata ruas, lalu dijemur sehari. Selanjutnya, bibit dimasukkan ke kotak kayu secara berlapis, dengan urutan bibit, abu sekam, dan seterusnya.

  1. Proses penanaman

Setelah bibit ditumbuhi tunas lengkuas yang baru, selanjutnya siap untuk kita tanam di bedengan. Cara tanam lengkuas cukup sederhana, yakni dengan memasukkan bibit ke masing-masing lubang tanam lalu ditimbun dengan tanah, tetapi tunasnya dibiarkan menyumbul ke atas. Selanjutnya, tanaman terus dirawat dengan diberi pupuk dan disiram secara teratur. Buah lengkuas akan tumbuh secara optimal dan siap untuk dipanen ketika telah memasuki umur sekitar 11 bulan.

Loading...
Loading...