Panen Ayam Broiler Setiap Bulan, Kenapa Tidak?


Pertanianku — Umumnya, ayam broiler dipanen dengan bobot di atas 1,6 kilogram. Hal itu karena selama bertahun-tahun pola pikir sebagian peternak masih terpengaruh dengan anggapan bahwa semakin besar ukuran panen, maka keuntungan akan semakin besar pula. Padahal, jika bisa panen ayam broiler setiap bulan, itu malah bisa memberi keuntungan lebih besar.

Panen ayam broiler setiap bulan
Foto: Pertanianku

Kebanyakan dari peternak ayam broiler memanen ternaknya rata-rata dengan bobot 1,6—2 kilogram per ekor. Mereka baru bisa menikmati hasil usahanya rata-rata setelah 32—35 hari. Jika ditambahkan dengan masa istirahat kandang selama 14 hari, itu artinya peternak baru akan kembali mendapatkan uang setelah 46—49 hari (lebih dari 1,5 bulan).

Mendapatkan penghasilan 1,5 bulan sekali mungkin tidak akan jadi masalah bagi peternak besar karena kemungkinan memiliki tabungan banyak. Akan tetapi, bagi peternak kecil atau karyawan kandang yang menggantungkan hidupnya dari hasil beternak ayam broiler tentunya ini jadi suatu masalah. Mereka juga pasti memiliki keinginan mendapatkan upah bulanan seperti karyawan pabrik, perusahaan, ataupun PNS.

Lalu, bagaimana caranya panen ayam broiler dengan penghasilan bulanan?

Buku Panduan Praktis Panen Broiler 3 Minggu memberi jawaban BISA. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil. Caranya, yaitu melakukan pemeliharaan ayam broiler dengan mengatur masa panen pada ukuran kecil dengan rata-rata bobot panen 1 kilogram per ekor (ukuran ayam 0,9—1,1 kilogram per ekor).

Ukuran 1 kilogram per ekor bisa dicapai pada umur broiler 21 hari. Bahkan jika dipelihara dengan manajemen yang baik, ukuran 1 kilogram per ekor/tahun bisa dicapai pada umur 20 hari. Dengan demikian, jika panen broiler bisa dilaksanakan umur 20—21 hari dan istirahat kandang 7—10 hari, maka setiap bulan peternak bisa menikmati hasilnya.

Baca Juga:  Mengenal Magot, Pakan Alternatif yang Unggul

Jangan khawatir tentang laku atau tidaknya. Sebab, walaupun belum diketahui secara pasti, kebutuhan broiler berukuran rata-rata 1 kilogram semakin meningkat. Buktinya, kini semakin banyak pedagang kaki lima, rumah makan, dan restoran menyajikan hidangan menu daging ayam broiler dengan ukuran kecil.

Hal itu karena daging ayam broiler ukuran kecil dagingnya cukup padat namun tidak terlalu banyak mengandung lemak sehingga membuat rasanya lebih enak dan bumbu lebih cepat meresap.

Nah, bagi Anda yang ingin menerapkan panen ayam broiler setiap bulan, buku Panduan Praktis Panen Broiler 3 Minggu menyediakan konten yang akan menuntun Anda menerapkan manajemen yang baik dalam pemeliharaannya. Dengan begitu, Anda akan benar-benar bisa mendapatkan penghasilan per bulan dari ternak ayam broiler.

loading...
loading...