Panen dan Hasil Panen Kerbau


Pertanianku – Di Indonesia, kegunaan ternak kerbau sangat beragam, mulai dari membajak sawah; alat transportasi; serta sumber daging, susu, dan kulit yang digunakan sebagai bahan baku industri. Kerbau sering digunakan untuk membajak sawah karena pergerakannya di atas lumpur jauh lebih baik daripada sapi. Namun demikian, sekarang ini pemanfaatan tenaga kerbau dalam bidang pertanian mulai tergeser oleh alat mekanik pertanian.

Panen dan Hasil Panen Kerbau

Susu kerbau berwarna putih porselin dengan rasa yang manis. Kandungan total solid-nya dua kali lebih tinggi dibanding susu sapi. Sementara kandungan kalsiumnya lebih dari 30%. Kandungan antioksidan dan vitamin A pada susu kerbau lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Susu kerbau dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang mempunyai sifat lactose-intolerant.

Di Eropa, susu kerbau banyak digunakan sebagai bahan keju mozzarella. Sementara di Sumatera Barat, susu kerbau diolah menjadi Dadih. Dadih merupakan hasil fermentasi dari susu kerbau dengan teknologi pembuatan yang sangat sederhana. Setelah diperah, susu kerbau dimasukkan ke dalam sepotong ruas bambu segar dan ditutup dengan daun pisang. Kondisi ini didiamkan secara alami selama 1— 2 hari dalam suhu ruang sampai terbentuk gumpalan.

Di India, daging kerbau merupakan hasil ekspor utama. Meskipun demikian, di Asia daging kerbau kurang disukai karena tingkat kekerasannya tinggi. Kulit kerbau sering digunakan sebagai bahan sepatu dan helm sepeda motor. Sementara kotoran kerbau dapat digunakan sebagai pupuk atau bahan bakar jika diinginkan.

 

Sumber: Buku Budidaya 22 ternak potensial

Baca Juga:  Kenapa Sapi Brahman Harus Diperlakukan Khusus?
loading...
loading...