Panen dan Penyortiran Ikan Koi


Pertanianku – Panen larva biasanya dilakukan ketika umurnya telah mencapai 30 hari. Ketika dilakukan panen, juga sekaligus dilakukan penyortiran. Proses pemanenan dilakukan dengan menurunkan air dalam bak pemeliharaan. Ketika airnya tinggal sedikit, larva ditangkap menggunakan serok.

Panen dan Penyortiran Koi

Penyortiran merupakan bagian seleksi dan merupakan pekerjaan penting dari seluruh pembenihan koi. Penyortiran anakan dapat dimulai setelah koi berumur 6 minggu atau berukuran panjang 2,5 cm. Seleksi dilakukan dengan mengelompokkan koi berdasarkan ukuran dan jenis. Ada beberapa ekor koi yang umumnya tumbuh terlalu bongsor, sedangkan sebagian lagi sangat lambat.

Penyeleksian ini juga membantu koi yang pertumbuhannya lambat bisa tumbuh normal kembali. Selama kurun tersebut, hobiis di Jepang setidaknya melakukan 2—3 kali penyortiran.

Dari pengalaman hobiis, selama 1—3 bulan, penyeleksian dilakukan sebanyak 3—4 kali. Seleksi pertama dilakukan sekitar umur 15 hari, seleksi kedua umur 50 hari, dan seleksi ketiga umur tiga bulan. Benih yang cacat ditandai dengan warna merah, putih, atau hitam saja.

Seleksi benih hanya bisa dilakukan dengan benar oleh hobiis yang sudah berpengalaman. Penglihatan yang tajam diperlukan untuk mendapatkan benihbenih yang berkualitas bagus. Seleksi berikutnya dilakukan 50 hari kemudian pada saat koi mencapai panjang 8 cm. Saat itu, corak dan warna koi sudah terbentuk. Dari keseluruhan hasil, biasanya hanya 10—20% yang dipertahankan karena memperlihatkan bakat bagus. Koi muda yang lolos dipindahkan ke kolam lain.

 

Sumber: Buku Koi

Baca Juga:  Ragam Ikan Hias Tanah Air Jadi Perhatian Pemerintah
loading...
loading...