Panen Ikan di Kolam Terpal, Hasil Melimpah Walau Lahan Sempit


Pertanianku — Saat ini, dengan keterbatasan lahan yang tersedia membuat orang semakin kreatif dalam menciptakan bidang usaha, misalnya dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai tempat budidaya ikan air tawar. Seperti yang dijelaskan dalam buku Panen Ikan di Kolam Terpal terbitan Penebar Swadaya, Anda bisa meraup untung banyak dari lahan sempit itu.

Panen Ikan di Kolam Terpal
Foto: Google Image

Ikan konsumsi air tawar sudah cukup dikenal dan digemari oleh sebagian besar masyarakat. Produk ikan menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. Oleh karena itu, budidaya ikan air tawar merupakan alternatif untuk menghasilkan ikan konsumsi.

Budidaya ikan tergolong mudah untuk diusahakan dan dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau sehingga bisa digeluti oleh siapa saja. Oleh karena itu, tak heran jika sekarang ini banyak yang membudidayakan ikan skala rumahan, termasuk salah satunya budidaya di pekarangan rumah.

Walaupun pada kenyataannya tidak semua ikan dapat dibudidayakan di kolam terpal, terdapat 8 komoditas yang cocok untuk diaplikasikan pada kolam terpal di antaranya gurami, lele, patin, nila, belut, bawal, lobster air tawar, dan gabus.

Jika Anda bingung bagaimana memulainya, Anda dapat membaca buku Panen Ikan di Kolam Terpal sebagai panduannya. Buku tersebut memaparkan cara-cara praktis budidaya ikan konsumsi, bahkan mudah dipahami oleh pemula sekalipun.

Pada buku terbitan 2018 ini dijelaskan pula tentang tata cara pembuatan kolam terpal dari nol. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kebingungan saat mengaplikasikannya. Anda cukup membeli dan membaca buku Panen Ikan di Kolam Terpal serta mempraktikkannya sehingga Anda bisa meraup untung usaha pembesaran ikan air tawar.

Baca Juga:  Indonesia Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Mancing Dunia Terbaik