Panen Kacang Panjang Tidak Boleh Terlambat

Pertanianku— Panen pertama sering menjadi masalah dalam budidaya kacang panjang. Panen kacang panjang yang terlambat dapat menyebabkan polong menjadi kehilangan kualitasnya karena sudah berserat dan liat (tidak enak dimakan). Oleh karena itu, petani harus lebih jeli dalam menentukan waktu panen yang tepat untuk mendapatkan polong muda.

panen kacang panjang
foto: pertaniank

Tanaman kacang panjang biasanya akan berbunga ketika sudah berumur 35—45 hari setelah tanam. Sementara itu, untuk polong muda sudah bisa dipanen setelah berumur 60—70 hari setelah tanam.

Panen kacang panjang sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari panas matahari yang terik. Panen bisa dilakukan dengan memotong tangkai buah dengan menggunakan pisau yang tajam.

Loading...

Setelah dipanen, polong dikumpulkan dalam wadah penampung dan disortasi sesuai dengan kualitas dan ukurannya. Kegiatan sortasi sangat penting dilakukan untuk kacang panjang yang akan dijual kembali agar mudah menentukan harga jual. Namun, jika kacang panjang hanya untuk konsumsi pribadi, kegiatan sortasi tidak begitu penting dilakukan. Anda cukup memisahkan kacang panjang yang kurang bagus saja.

Polong yang sudah disortasi kemudian dikumpulkan menjadi satu hingga bobotnya mencapai 1 kg. Setelah itu, ikat kacang panjang dan kacang sudah siap untuk dipasarkan.

Polong yang masih muda lebih enak disayur. Polong tersebut terlihat keras, kompak, umumnya gilig, berwarna hijau, dan mudah dipatahkan. Jika sudah berserat, biji polong akan menonjol dan sulit dipatahkan. Selain itu, warnanya juga sudah berubah menjadi hijau keputihan.

Polong yang sudah tua akan terasa lemas dan sangat sulit untuk dipatahkan, warnanya sudah berubah keputihan atau putih kekuningan. Polong kacang panjang yang sudah lemas atau sudah tua sebaiknya digunakan untuk benih saja karena sudah tidak enak dikonsumsi.

Baca Juga:  Kementan Tambah Jumlah Kuota Pupuk Subsidi untuk Tanggapi Keluhan Petani

Untuk tanaman yang tumbuh sehat dan tidak terlalu subur, panen polong muda bisa berlangsung hingga 18 kali dengan selang waktu 4—5 hari sekali. Panen polong bisa dilakukan secara selektif dan tidak bisa sekaligus karena periode pembuahan tanaman ini tidak berlangsung bersamaan.

Tanaman kacang panjang hanya mencapai 3—4 bulan lamanya. Pohon akan mati setelah mengalami panen terakhir. Pada saat itu, daun tanaman menguning dan tanaman segera mati.

Loading...
Loading...