Panen Nila 500 Gram per Ekor


Pertanianku — Siapa yang tidak mau panen nila 500 gram per ekor? Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik. Oleh karenanya, tak heran apabila permintaan terhadap ikan konsumsi selalu naik. Misalnya, ikan gurami yang merupakan ikan air tawar favorit karena rasanya yang gurih.

Panen Nila 500 Gram per Ekor
Google Image

Namun, budidaya ikan gurami membutuhkan waktu yang lama karena perkembangannya yang lambat. Hal ini berdampak pada harga jual ikan gurami yang mahal.

Namun demikian, ada ikan air tawar yang bisa menjadi substitusi ikan gurami dengan harga yang lebih murah tetapi nilai gizinya juga tinggi. Adalah ikan nila yang bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Rasa ikan nila yang cukup gurih dan harga jual yang lebih murah dibanding ikan gurami membuat peluang bisnis ikan nila terbuka lebar. Ikan nila yang banyak diminati dan berpeluang cerah ialah ikan nila yang memiliki bobot 500 g atau disebut juga ikan nila premium.

Ukuran tersebut tidak banyak produksinya karena umumnya hanya berupa produk sampingan hasil pemeliharaan sistem keramba jarring apung (KJA) ganda yang melebihi waktu pemeliharaan.

Kebutuhan pasokan ikan konsumsi ukuran premium dinantikan oleh para pengusaha restoran atau kedai makan yang khusus menyediakan menu ikan sebagai hidangan utamanya.

Ikan nila ukuran 400—500 g  ini seringkali digunakan sebagai substitusi ikan kakap merah atau ikan gurami. Umumnya, satu rumah makan ikan memerlukan pasokan sebanyak 50—100 kg untuk setiap minggunya.

Tercatat bahwa harga jual ikan konsumsi ukuran premium relatif lebih mahal dibanding ukuran blong. Harga jual ikan nila ukuran premium, yaitu Rp25 ribu/kg, sedangkan harga ikan nila blong sekitar Rp18 ribu/kg.

Melihat peluang tersebut, dihadirkanlah buku Panen Nila 500 Gram per Ekor. Dalam buku ini dibahas pembesaran ikan nila yang dibudidayakan dengan kolam jaring apung (KJA) dan kolam tanah.

Baca Juga:  Bisnis Sarang Burung Walet Omzet Puluhan Juta Rupiah

Buku ini juga sangat tepat untuk dibaca bagi Anda yang ingin mendapatkan ikan nila dengan ukuran premium. Sebab, untuk mendapatkan ikan nila dengan ukuran premium membutuhkan kiat tersendiri, mulai dari bibit ikan nila, pemilihan lokasi, tempat pemeliharaan, hingga pakannya. Pakan seperti apa? Anda bisa menemukan jawabannya di buku ini.

loading...
loading...