Panen Telur Ayam Elba

Pertanianku – Tujuan dari produksi ayam elba sebagai ayam petelur super adalah telur. Produktivitas telur yang tinggi membuat ayam elba menjadi alternatif pengganti ayam arab yang produksinya mulai menurun. Dengan manajemen pemeliharaan yang baik, akan dicapai hasil maksimal dari pemeliharaan ayam elba di kandang baterai, yaitu produktivitas telur yang tinggi.

Panen Telur Ayam Elba

Ayam elba yang dipelihara di kandang baterai akan mulai bertelur pada umur 5,5—6 bulan. Walaupun pada umur lima bulan sudah bertelur, produktivitasnya masih belum maksimal dan kualitasnya pun belum semuanya bagus. Peternak ayam elba di Dusun Batikan, Temanggung, biasanya mengonsumsi sendiri telur ayam elba yang berasal dari ayam berumur lima bulan. Jika ayam sudah berumur enam bulan, telur-telur tersebut baru dijual ke konsumen.

Dalam memanen telur, perlakuannya harus hati-hati, terutama cara memungutnya dari tempat telur yang sudah tersedia di masing-masing kandang baterai. Telur termasuk benda yang mudah pecah dan rusak, bahkan tergesek saja bisa pecah. Jika ditemukan telur yang kondisinya sudah demikian, telur tersebut tidak dapat dijual.

Hampir semua peternak di Dusun Batikan, Temanggung, melakukan panen telur pada sore hari. Jadi pada sore hari tempat telur di kandang baterai sudah terisi penuh telur. Dengan demikian, peternak tinggal mengambil telur-telur tersebut dan menampungnya di wadah. Wadah yang dapat digunakan untuk memanen dan menampung telur adalah tray telur yang sudah banyak tersedia di toko-toko peternakan (poultry shop).

Pemeliharaan ayam elba petelur dengan sistem intensif di kandang baterai, produktivitas telurnya per ekor mencapai 25—28 butir/bulan. Jadi, dalam satu tahun dapat diperoleh telur berjumlah 300—336 butir/ekor.

 

Sumber: Buku Ayam Elba Kampung Petelur

 

Baca Juga:  Trik Menghindari Risiko Kematian DOC Ayam Petelur pada Periode Kritis

loading...