Pantau Kondisi Pasar dengan Aplikasi I-Mofc

PertaniankuIndonesia Map of Fruit Center (I-Mofc) merupakan aplikasi Android yang bisa digunakan oleh petani agar mudah memantau kondisi pasar, baik pasar lokal maupun pasar ekspor. Aplikasi ini bisa membuat kegiatan pemasaran petani menjadi lebih mudah.

I-Mofc
foto: http://hortikultura.pertanian.go.id/

Aplikasi I-Mofc dapat digunakan untuk meyakinkan eksportir untuk mengambil kontrak dengan buyer. Hal ini karena eksportir bisa mendapatkan kepastian pasokan produk dengan adanya informasi wilayah yang sedang panen melalui I-Mofc.

“Yang kami rancang ini Sahabat Petani Meraih Pasar. Ini merupakan tindak lanjut program Gratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor) Menteri Pertanian. Idenya terinspirasi dari mendengarkan pengalaman para petani yang kebingungan memasarkan hasil tani saat panen raya. Banyak petani yang belum mengenal pasar,” papar Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman seperti dikutip dari laman hortikultura.pertanian.go.id.

I-Mofc menyajikan beberapa informasi yang dibutuhkan oleh berbagai pihak terkait, seperti sentra buah. Slogan yang diusung oleh aplikasi ini adalah Sahabat Petani Meraih Pasar. Ada banyak fitur yang tersaji di dalam aplikasi tersebut. Fitur ini cukup mudah digunakan oleh petani dan pelaku usaha milenial. Melalui I-Mofc, pengguna bisa lebih mudah mendapatkan akses yang lebih luas untuk menemukan pasar.

“Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa menu seperti kawasan mana saja yang sedang panen, lokasi mana saja yang bisa diakses sehingga petani mudah mengakses pasar. Terdapat 14 komoditas buah-buahan yang bisa ditelusuri dan lima menu utama seperti menu registrasi, menu kawasan sentra utama, menu lokasi panen, menu potensi pasar, dan menu data ekspor,” jelas Liferdi Lukman.

Petani, pengekspor, dan konsumen yang ingin menggunakan aplikasi I-Mofc harus mendaftar terlebih dahulu. Pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai lokasi sentra buah dan waktu panen dalam menu kawasan sentra utama.

Baca Juga:  Ciri Khas Kebun Organik

Dalam menu perusahaan agrowisata atau perusahaan budidaya, pengguna bisa mendapatkan informasi mengenai jadwal panen yang akan selalu diperbaharui. Informasi yang ditampilkan dalam aplikasi I-Mofc terbilang cukup lengkap, mulai dari nama, tanaman yang ditanam, alamat, hasil panen, dan kontak pemilik.

Pengguna juga bisa mengakses menu data ekspor untuk mengetahui data-data ekspor komoditas buah yang berlangsung. Dalam menu ini memuat beberapa data-data terkait potensi pasar, volume impor komoditas per tahun, negara yang paling membutuhkan, dan data penghasil komoditas terbesar.