Paprika Edison, Varietas Unggul Cabai Manis

Pertanianku — Banyak digunakan sebagai bumbu masakan, paprika adalah cabai manis dari suku terong-terongan. Buahnya bisa berwarna hijau, kuning, oranye, ataupun merah. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini kini banyak dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu paprika varietas unggul adalah paprika edison.

paprika varietas unggul
Foto: pixabay

Paprika edison merupakan varietas unggul yang didapatkan dari paprika hibrida hasil silang tunggal. Varitetas ini bisa beradaptasi dengan baik di dataran tinggi dengan ketinggian 900—1.200 mdpl. Paprika edison merupakan tanaman tipe tegak dengan kerapatan kanopi sedang.

Karakteristik tanaman paprika edison ini memiliki tinggi tanaman kurang lebih berikisar 100—110 cm. Panen pertama bisa dilakukan setelah 104—110 hari setelah masa tanam. Rata-rata, panen bisa dilakukan pada hari ke-107.

Loading...

Bentuk buah yang dihasilkan oleh tanaman varietas ini pun sama seperti paprika pada umumnya, yakni menyerupai lonceng berbentuk persegi atau blocky. Ukuran buah memiliki tinggi 8,5—10,4 cm dengan diameter pangkal 8,0—8,5 cm. Diameter tengahnya lebih kecil yakni 7,8—8,2 cm.

Buah paprika yang dihasilkan akan berwarna hijau tua hingga merah. Buah ini pun mengilap di bagian luarnya. Tebal kulit buah jika dibelah akan mencapai 8,0—8,7 milimeter. Berat paprika edison ini sendiri mencapai 221,99—225,07 gram per buahnya. Rata-rata, berat buah paprika edison mencapai 223,53 gram.

Dalam satu kali masa tanam, produktivitas paprika edison bisa mencapai 3,61—3,81 kilogram per tanaman. Rata-rata produksinya adalah 3,71 kilogram per tanaman per satu kali masa panen. Produktivitas paprika edison sedikit lebih tinggi daripada paprika suniya yang juga merupakan varietas paprika unggul.

Paprika edison banyak ditanam karena memiliki beberapa keunggulan. Setidaknya, ada tiga keunggulan paprika varietas ini dibandingkan paprika lainnya. Pertama, buah yang dihasilkan oleh tanaman cenderung seragam, baik dalam segi ukuran maupun kematangan.

Baca Juga:  Khasiat Jeruk Bali di Balik Rasanya yang Asam dan Pahit

Keunggulan kedua adalah produktivitasnya yang tinggi. Jika ditanam pada lahan seluas satu hektare, paprika edison mampu menghasilkan 117,69 ton dalam sekali panen. Daya simpan buah paprika edison juga cukup lama, yakni mencapai 10—13 hari.

Loading...
Loading...