Paprika Suniya si Paprika Unggul Hibrida

Pertanianku — Banyak digunakan sebagai bahan masakan western, buah paprika cukup laris di pasaran. Budidaya paprika pun tersebar di Indonesia. Popularitas paprika juga melahirkan banyak varietas unggul. Salah satunya adalah paprika Suniya yang layak Anda pertimbangkan untuk dibudidayakan.

paprika Suniya
Foto: pixabay

Paprika Suniya merupakan varietas paprika hibirida hasil silang tunggal. Salah satu keunggulan yang menonjol dari jenis ini adalah ia mudah beradaptasi dengan baik. Paprika Suniya mampu bertahan di dataran tinggi hingga 900—1.200 mdpl. Ciri lain dari tanaman ini adalah memiliki kerapatan kanopi sedang.

Buah paprika selain kaya akan manfaat, juga memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Vitamin C yang terdapat dalam buah paprika mencapai 150—250 miligram per 100 gram paprika. Selain itu, paprika mengandung karoten dalam bentuk likopen yang lebih banyak dijumpai pada paprika merah.

Loading...

Kandungan yang dimiliki pada paprika merah juga terdapat pada paprika Suniya. Selain itu, paprika Suniya memiliki beragam keunggulan lain. Tanaman ini dikenal dapat menghasilkan buah yang seragam. Penampilan buahnya pun menarik.

Keunggulan lain dari paprika Suniya adalah produktivitasnya yang cukup tinggi, yakni mencapai 112—119 ton per hektare. Setelah dipanen, buah paprika Suniya memiliki daya simpan buah selama 10—13 hari.

Tanaman paprika Suniya memiliki ciri-ciri antara lain tinggi tanaman yang mencapai 97—107 cm. Panen pertama bisa dilakukan setelah 102—107 hari setelah tanam. Bentuk buahnya pun hampir sama seperti paprika kebanyakan, yakni berbentuk menyerupai lonceng bersegi atau disebut juga blocky.

Ukuran buah yang dihasilkan berdiameter 7,7—8,2 cm di bagian pangkal dan 7,5—8,0 cm di bagian tengah. Tingginya mencapai 8,5—10,4 cm. Warna buah ketika muda adalah hijau hingga kuning muda mengilap.

Baca Juga:  Tanaman-tanaman Sayur Ini Mudah Ditanam di Rumah

Ketebalan kulit buah paprika Suniya mencapai 7,5—8,0 milimeter. Rasa buah juga cenderung tidak pedas. Berat buah yang dihasilkan mencapai 198—201 gram. Sekali panen, tanaman paprika Suniya bisa menghasilkan buah hingga 3,5—3,7 kilogram.

Langkah-langkah budidaya paprika Suniya bisa Anda pelajari di buku Budi Daya Cabai Unggul yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

Loading...
Loading...